RSUD Masih Perlu Berbenah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » RSUD Masih Perlu Berbenah

RSUD Masih Perlu Berbenah

Written By Admin Raka on Rabu, 25 Juli 2018 | 17.30.00

TELUKJAMBE, RAKA - Instalasi penting pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) saat ini yang jadi primadona selain instalasi gizi dan radiologi, satu lagi rehabilitasi medik. Selain sejumlah instalasi lain yang juga sudah beroperasi di rumah sakit itu. Bahkan terakhir RSUD sudah membuka layanan pasang ring jantung guna melengkapi layanan-layanan yang sudah ada lebih dulu.

Namun berbagai persoalan tak pelak membuat rumah sakit plat merah itu terus berbenah. Kini RSUD Karawang pun menyediakan pelayanan Visum, dan forensik juga medical check up. Jasa pelayanan kesehatan rumah sakit Kabupaten Karawang, seahun tereakhir sudah mengalami perubahan besar sebagai badan usaha yang mempunyai banyak unit bisnis strategis.

Selain instalasi-instalasi tersebut instalasi rawat inap dan gawat darurat menjadi bagian penting pelayanan RSUD disamping instalasi pemulasaran jenazah juga menjadi bagian pelayanan RSUD. "Unit Pemulasaran jenazah bukan saja hanya melayani jenazah, namun juga melayani jasa forensik dan Visum et Repertume," ungkap Kepala Kamar Pemulasaraan Jenazah dan Forensik RSUD Karawang Heri Heryana. SA.g.

Sebelumnya diinformasikan RSUD secara resmi sudah mengoperasikan layanan pasang ring jantung angiografi dan angioplasti. Angiografi adalah pemeriksaan terhadap pembuluh darah, sedangkan pada pemeriksaan pembuluh darah arteri disebut arteiografi. Cara pemeriksaan Angiografi dengan memasukan kateter ke dalam arteri femoralis atau brakhialis dan zat kontras disuntikan untuk memudahkan penglihatan terhadap pembuluh darah.

"RSUD sekarang sudah melayani pasien Angiografi Angioplasti. Cuma sayangnya sampai saat ini BPJS belum bisa memfasilitasi pelayanan tersebut. Karena sampai saat ini BPJS Belum ada lampu hijau terkait pelayanan Cath lab," ucap Hukmas dan Promkes RSUD H. Ruhimin SH.

Pemeriksaan Angiografi berguna untuk mengevaluasi pembuluh darah dan untuk mengidentifikasi vaskularisasi yang tidak normal karena adanya tumor atau penyakit lainya. Angiografi dilakukan bila Tomografi Komputer atau Skrining Radionukleid memberi kesan adanya kelainan pada pembuluh darah. Sedang Angioplasti teknik untuk melebarkan area penyumbatan dengan bantuan kateter yang memiliki balon di ujungnya.

Balon ditempatkan dalam pembuluh darah, transluminal di dalam saluran atau lumen pembuluh darah, melalui teknik yang disebut PTCA atau Percutaneous Transluminal Coronary Angioplasty. PCI atau Percutaneous Coronary Intervention mengacu intervensi koroner secara perkutan dimana stent yakni tabung dari logam yang dimasukkan ke arteri untuk membuat pembuluh darah jantung tetap terbuka ditempatkan. (ari)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template