Rp 50 M Buat Rehab Sekolah, 3 Gedung SMP, 114 Gedung SD - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Rp 50 M Buat Rehab Sekolah, 3 Gedung SMP, 114 Gedung SD

Rp 50 M Buat Rehab Sekolah, 3 Gedung SMP, 114 Gedung SD

Written By Admin Raka on Rabu, 18 Juli 2018 | 12.00.00

KARAWANG, RAKA - Tembok lapuk, atap bolong, genting bocor, lantai keramik penuh keroakan, mudah ditemui di sekolah-sekolah dasar di pedesaan Kabupaten Karawang. Jumlahnya pun tidak sedikit. Lebih dari 241 ruang kelas mengalami kerusakan ringan dan 677 ruang rusak berat. Begitu pun kondisi SMP negeri. Ada 248 ruang kelas rusak sedang, 250 rusak berat.

Terkait kondisi tersebut, Pemerintah Kabupaten Karawang berjanji akan memperbaiki ruang kelas yang rusak. Bahkan sudah disiapkan anggaran Rp 550 miliar. Sayangnya, meski cukup besar, namun anggaran tersebut tidak cukup untuk memperbaiki seluruhnya. Hanya 3 SMP dan 114 SD.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Karawang Asep Hajar mengatakan, pihaknya akan memastikan jika pekerjaan bangunan dan perehaban bangunan SMP maupun SD akan dilakukan dalam waktu dekat ini. ""Total pembangunan sekolah tahun ini mencapai 117 bangunan, tiga sekolah untuk SD dan 114 untuk SMP," katanya kepada Radar Karawang di Kantor PUPR Karawang, Selasa (17/7) kemarin.

Ia melanjutkan, dari jumlah pembangunan yang akan dilakukan oleh PUPR Karawang, tidak semua bangunan akan kembali dibangun dari awal. Melainkan ada sebagian yang hanya dilakukan perehaban. "Pembangunannya ada yang dibangun dari awal, ada juga yang hanya perehaban," katanya.

Menurutnya, 117 sekolah yang akan diperbaiki itu sudah ada dalam Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). "Minggu-minggu ini sebagian tender untuk lelang sudah dilakukan," katanya.
Dikatakan Asep, dalam pengerjannya nanti dimungkinkan akan dibantu juga oleh perusahaan, namun sampai saat ini masih dalam pembicaraan antara PUPR dan KIIC. "Tahun ini Insya Allah selesai. Kita ada anggarannya Rp 550 miliar. Ada juga bantuan CSR tapi belum tahu, kita hanya menerima bangunan saja," paparnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template