Rekrutmen CPNS Agustus, Pemkab Karawang Kekurangan 6651 Pegawai - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Rekrutmen CPNS Agustus, Pemkab Karawang Kekurangan 6651 Pegawai

Rekrutmen CPNS Agustus, Pemkab Karawang Kekurangan 6651 Pegawai

Written By Admin Raka on Sabtu, 21 Juli 2018 | 12.00.00

KARAWANG, RAKA - Bulan Agustus menjadi momentum spesial masyarakat Kabupaten Karawang, khususnya yang ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Karena akhir bulan Juli ini ada penetapan formasi CPNS oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN dan RB).

"Rencana awal pelaksanaan penerimaan CPNS dimulai dari akhir Juli soal penetapan formasi oleh KemenPAN RB," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karawang Asep Aang Rahmatullah kepada Radar Karawang, Jumat (20/7).

Ia melanjutkan, informasi itu diketahuinya setelah mengikuti sosialisasi pemetaan kompetensi pegawai berbasis Computer Assisted Test (CAT) dan mekanisme seleksi CPNS terintegrasi di kantor regional III Badan Kepegawaian Negara. "Penetapan formasi sempat molor, karena sebelumnya dijadwalkan akan dimulai pada bulan Mei," katanya.

Namun setelah menunggu informasi lanjutan, kata Aang, akhir bulan ini menjadi waktu untuk penetapan formasi. "Bulan Agustus mulai pendaftaran dan verifikasi. Dimulai dari pendaftaran secara online SSCN (Sistem Seleksi CPNS Nasional) BKN dan seleksi administrasi," katanya.

Berlanjut pada bulan September dan Oktober, kata Aang, merupakan masa pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dan pada bulan Oktober akan ada pengumuman kelulusan akhir. "Usulan di Karawang untuk CPNS sebanyak tiga bidang dari tenaga pendidikan, tenaga kesehatan dan tenaga teknis. Semuanya berjumlah 400 kursi," katanya.

Dijelaskan Aang, dari jumlah usulan 400 CPNS di Karawang, pihaknya telah melihat dari analisis beban kerja (ABK) dan komposisi belanja pegawai. "Kita kekurangan pegawai itu sebanyak 6.651 orang, namun untuk rekrutmen itu kebijakan dari pemerintah pusat dalam penetapan formasi dengan menggunakan prinsip zero growth, seiring jumlah rata-rata pensiun tiap tahunnya," terangnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template