Puskesmas Purwakarta Data Indeks Kesehatan Keluarga - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Puskesmas Purwakarta Data Indeks Kesehatan Keluarga

Puskesmas Purwakarta Data Indeks Kesehatan Keluarga

Written By Admin Raka on Sabtu, 07 Juli 2018 | 13.00.00

PURWAKARTA, RAKA - Dalam rangka menyambut Program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga, UPTD Puskesmas Purwakarta gelar pendataan untuk indeks kesehatan keluarga di Kelurahan Nagri Kidul.

Kepala UPTD Puskesmas Purwakarta dr Ano mengatakan, pendataan indeks kesehatan di Kelurahan Nagri Kidul akan mendata sekitar 17 ribu warga dari sekitar 5.000 kartu keluarga. "Pendataan sudah dimulai sejak tanggal 2 Juli, target sampai akhir Juli. Baru mendata dua RW, RW 01 dan RW 02 Kelurahan Nagri Kidul, setelah beres pendataan tahun ini akan dilanjutkan ke Kelurahan Sindangkasih dan Nagri Tengah,"terang dia, saat dikonfirmasi wartawan.

Dia juga mengatakan, untuk tim pendata ada sepuluh kelompok setiap harinya dan per kelompok ada dua orang. Ditambahkannya, data tersebut akan diinput secara online, sehingga hasil pendataan tersebut bisa langsung dilihat di semua tingkatan. Dikatakannya, indikator keluarga sehat ada 12, diantaranya mengikuti keluarga berencana (KB), baik istri atau suami dari orang yang terdata dan program KB tersebut bisa mengikuti program KB gratis yang difasilitasi pemerintah atau program KB mandiri. "Kedua, persalinan harus di fasilitas kesehatan minimal oleh bidan desa, atau di puskesmas atau di rumah bersalin oleh tenaga kesehatan yang kompeten serta bayi yang usianya 0 smapai 12 bulan mendapatkan imunisasi dasar lengkap," terangnya.

Selanjutnya dia juga mengatakan, semua bayi yang terdata harus mendapat ASI eksklusif selama 6 bulan, pertumbuhan balita diperiksa setiap tahap perkembangannya. Jika dikeluarganya ada yang menderita penyakit TB paru, harus berobat sesuai dengan standar pengobatan minimal 6 bulan. "Kalau ada yang punya darah tinggi harus kontrol dengan teratur, di keluarga tidak ada yang merokok, keluarga mempunyai akses air bersih, keluarga memiliki jamban sehat yang sesuai dengan standar kemudian ada pembuangan safetic tanknya. Kalau ada di keluarga terkena gangguan jiwa berat, tidak boleh dipasung atau ditelantarkan serta semua anggota keluarga menjadi anggota jaminan kesehatan nasional," paparnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, jika di kelurahan sudah terdata, maka nantinya data tersebut akan diakumulasikan menjadi indeks keluarga kecamatan dan kabupaten.
"Diharapkan semua kelurahan lebih dari 0,8 dengan indeks keluarga sehat yang dinilai baik. Data tersebut juga akan dijadikan bahan evaluasi untuk program selanjutnya," pungkasnya. (ris)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template