Program Apotik Hidup Mahasiswa KKN di Desa Mulyasari - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Program Apotik Hidup Mahasiswa KKN di Desa Mulyasari

Program Apotik Hidup Mahasiswa KKN di Desa Mulyasari

Written By Admin Raka on Jumat, 27 Juli 2018 | 20.15.00

KARAWANG, RAKA - Kegiatan apotik hidup dengan melakukan penanaman pohon, menjadi program utama dari kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang, yang tengah melakukan dharma bhaktinya di Desa Mulyasari, Kecamatan Ciampel.

"Dalam KKN ini, kami lebih fokus membuat program apotik hidup di Desa Mulyasari, Kecamatan Ciampel," ucap Koordinator KKN Tematik UBP Karawang, Muhammad Jawir Ripa'i, kepada Radar Karawang, Kamis (26/7) kemarin.

Ia menambahkan, sebanyak 325 pohon tanaman obat-obatan ditanam di wilayah tersebut. Terdiri dari 125 pohon tanaman jahe merah dan kunyit serta 200 pohon tanaman jambu biji dan sirsak. Dalam kegiatan itu, melibatkan berbagai kalangan. Diantaranya Dinas Lingkungan Hidup Karawang, Kepala Desa Mulyasari, aparat desa, dusun kaum dan Ciampel serta masyarakat dan segenap para mahasiswa yang malaksanakn KKN Tematik UBP Karawang di Desa Mulyasari. "Berbagai kalangan ikut terlibat dalam mensukseskan kegiatan ini," katanya.

Masih dikatakannya, kegiatan itu bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat tentang tanaman obat herbal. Seperti jahe merah dan kunyit. Karena tanaman tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan serta ingin menjadikan masyarakat lebih mudah dalam mengkonsumsinya. Selain itu, tanaman buah jambu dan sirsak pun sangat kaya akan manfaatnya. Seperti khasiat jambu, dapat mencegah penyakit demam berdarah dan sirsak dapat mencegah terserang penyakit ambeien dan sakit pinggang. "Dengan adanya penanaman yang dilakukan di banyak titik. Mulai dari Dusun Kaum sampai Ciampel. Secara kuantitas sekitar 40 rumah. Semoga bisa bermanfaat dalam pengeloloan lingkungan hidup untuk para masyarakat yang ada di desa ini," harapnya.

Sementara itu, peserta KKN lainya, Ari Ryansa Kamisa, mahasiswa semester 7 Prodi Psikologi UBP Karawang mengatakan, meski program itu menjadi skala prioritas, namun pihaknya tidak melupakan program lainnya. Tengok saja, beberapa hari yang lalu kegiatan perlombaan menyanyi lagu Pupuh Sunda antar SD Mulyasari 1 dan Mulyasari 2 berjalan dengan lancar. Program itu dilaksanakan dalam rangka menumbuhkan nilai budaya pada generasi muda. "Alhamdulillah kami juga bisa menggelar kegiatan ini dengan sukses. Keberhasilan itu tentu berkat dukungan dari teman-teman KKN dan guru-guru SD nya," katanya.

Ia mengaku, dalam kegiatan itu dihadiri oleh wakil ketua DPRD Kabupaten Karawang, Kepala Desa Mulyasari, koordinator camat, siswa dari setiap SD, masyarakat Desa Mulyasari dan segenap mahasiswa KKN Mulyasari UBP Karawang. Ada hal yang menarik dalam kegiatan tersebut, karena para mahasiswa mengadakan bazar dari setiap program studi. Salah satunya dari prodi manajamen yang menjual makanan sorodot jempol dari hasil karya rumahan masyarakat Dusun Ciampel. Mahasiswa farmasi menyediakan tensi darah gratis untuk masyarakat yang hadir, dan mahasiswa akuntansi menyediakan jasa konsultasi mengenai pengelolaan keuangan bagi masyarakat yang akan melakukan usaha baru maupun usaha yang sudah berjalan.

Bukan hanya itu, silat dan tari jaipong yang dipersembahkan dari mahasiwa UBP memberikan kesan yang sangat mendalam bagi masyarakat Mulyasari. "Barbagai konsep menarik kami terapakan dalam kegiatan ini. Dengan demikian kegiatan menjadai lebih khidmat," akunya. (acu)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template