PPK Klari Mulai Garap DPS, Pileg akan Lebih Ramai - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » PPK Klari Mulai Garap DPS, Pileg akan Lebih Ramai

PPK Klari Mulai Garap DPS, Pileg akan Lebih Ramai

Written By Admin Raka on Kamis, 19 Juli 2018 | 15.30.00

KLARI, RAKA - Pesta demokrasi tahun 2019 mendatang sudah memasuki tahapan. Bahkan pihak penyelenggara sudah mulai disibukan mengurus daftar pemilih sementara (DPS). Seperti yang dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Klari dalam beberapa hari ini.

Anggota PPK Klari, Hendy Apendi menyampaikan, tahapan pemilihan legistalif (Pileg) sudah mulai berjalan, bahkan DPS sudah ada di Operator Data Pemilih (ODP). "Saat ini sudah mulai memasuki tahapan Pileg," ujar Hendy.

Dia menyampaikan, untuk data DPS mengacu pada daftar pemilih tetap (DPT) Pilgub yang digelar bulan Juni lalu. Oleh karenanya proses verifikasi dan validasi sedang dilakukan untuk menetapkan menjadi DPT Pileg. "Data yang kemarin Pilgub masih dijadikan DPS, ditambah dengan daftar ATB," ujarnya.

Sementara DPT Klari pada saat Pilgub sebanyak 111.107, dengan demikian jumlah itu merupakan DPS untuk Pileg yang akan digelar pada 2019 mendatang. Semuanya saat ini masih dalam proses untuk sampai pada DPT. "Sekarang masih pendataan di ODP (Operator Data Pemilih)," ujarnya.

Sementara tokoh pemuda Klari, Ahmad Hadibrata menyampaikan, persoalan DPT akan menadi persoalan yang sangat diperhatikan oleh semua bakal calon legislatif. Karena setiap bacaleg memiliki basis dan memiliki binaan, maka proses Pileg akan jauh lebih ramai jika dibandingkan Pilgub lalu. "Semuanya harus berjalan sesuai prosedur. Salah sedikit saja, penyelenggara bisa jadi korban," ujarnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, bisa dibayangkan dari 14 partai politik yang mengikuti pesta demokrasi, masing-masing parpol memiliki bacaleg minimal sama dengan kursi yang disediakan di setiap dapil. Maka jumlahnya akan sangat banyak dan gesekan kapan saja bisa terjadi. "Yang dikhawatirkan gesekan terjadi antar pendukung, sehingga bisa terjadi konflik horizontal," ujarnya.

Terlebih, tambah Adi, di Karawang ada perubahan dapil dan salah satunya adalah dapil enam. Yang tadinya hanya meliputi Ciampel, Klari, Majalaya dan Purwasari, kini Karawang Timur masuk dapil enam. "Jumlah kursi dapil enam bertambah. Calon petahana makin banyak, maka bisa jadi dapil yang paling seru," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template