PLTGU Cilamaya Tercanggih di Dunia - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » PLTGU Cilamaya Tercanggih di Dunia

PLTGU Cilamaya Tercanggih di Dunia

Written By Admin Raka on Selasa, 31 Juli 2018 | 12.30.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTGU) di Cilamaya, disebut-sebut bakal menjadi sutet dengan standar internasional dan tercanggih di dunia.
Melibatkan tiga rekanan konsorsium yang ditunjuk PT Jasa Satu Power (JSP) yaitu dari General Electric (GE), Samsung C&T (Samsung) dan PT Meindo Elang Indah (Meindo) sebagai kontraktor rekayasa, pengadaan, dan konstruksi, sutet yang terkoneksi sampai Cibatu Bekasi tersebut, akan mulai beroperasi 2021 dengan panjang kontrak selama 25 tahun.

Di sela-sela analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) di Desa Cilamaya, perwakilan kontraktor GE, Vasco Tangkulung mengatakan, GE adalah kontraktor yang biasa membuat mesin pesawat dan pembangkit listrik ditunjuk JSP bersama dua rekanan lainnya untuk mengerjakan sutet di Cilamaya. Alasan mengapa tower ini harus dibangun di Cilamaya, karena Jawa 1 menargetkan untuk koneksi listrik di seluruh Jawa sebagai sumber energi listriknya. Dimana sumber energi ini berasal dari gas bentuk cair yang disalurkan ke PLTGU. Perlu diketahui, sebut Vasco, PLTGU 1.760 MW ini pembangkit paling canggih di dunia dan terbesar di Asia Tenggara dengan efisiensi yang paling baik. Karena, PLTGU dengan turbin gas dan uap hingga kondensator yang berlokasi di SKG Cilamaya ini, pencetakannya standar internasional dan ditangani kontraktor utama yang berkelas internasional. Menara pendingin, trafo dan gitet 500 KV super lengkap tersedia. Pihaknya akan mulai pengerjaan selama 36 bulan. "PLTGU yang akan kita bangun patut dibanggakan. Sebab di Cilamaya ini akan terkenal dengan PLTGU tercanggih di dunia dan terbesar di Asia Tenggara," ungkapnya kepada Radar Karawang, Senin (30/7) kemarin.

Dirut PT Jasa Satu Power Sumadi mengatakan, tiga kontraktor menjelaskan amdal saat ini kepada masyarakat dan tokoh di Desa Cilamaya dan Muara. Nanti, di laut Muara akan ada turbin dan kapal yang akan memasok gas uap yang terkoneksi ke PLTGU. Saat masuk ke turbin gas, maka dikirim ke transmisi dengan jarak 25 kilometer menuju daerah Bekasi. Proses pekerjaan, sebut Sumadi, akan berlangsung selama tiga tahun dengan rencana operasi pada tahun 2021 dan kontrak suplai listrik sampai dengan 25 tahun. "Operasi 2021, kontrak suplai listrik nanti sampai 25 tahun," ujarnya.

Camat Cilamaya Wetan Hamdani mengatakan, analisis amdal ini perlu diperhatikan. Setiap pembangunan tentu saja akan ada konsekwensi positif dan negatifnya. Pihaknya selalu menyampaikan pesan masyarakat kepada pihak JSP kaitan kendala, keluhan dan resiko yang akan dihadapi selama masa pembangunan. Namun, dia jamin pemetaan lewat jenis kegiatan, potensi dampak dan pengelolaan dampaknya sudah rapi. Dia mengklaim, pihak kecamatan dan masyarakat siap menyambut pembangunan, dengan catatan pihak rekanan dan kontraktor juga semua konsorsiumnya selalu peka terhadap keluhan dan saran masyarakat. "Kita sudah siap pembangunannya, tapi ingat jangan manis saat amdal. Tetapi hilang saat masa pembangunan dan operasi," tandasnya.

Seperti diketahui, PT Jawa Satu Power selaku pemrakarsa proyek PLTGU Cilamaya menunjuk konsorsium GE, Samsung C&T (Samsung) dan PT Meindo Elang Indah (Meindo) sebagai kontraktor rekayasa, pengadaan, dan konstruksi (engineering, procurement, andconstruction/EPC) PLTGU Jawa 1. Selain kontrak EPC, konsorsium PT Pertamina, Marubeni Corporation, dan Sojitz Corporation tersebut juga menandatangani perjanjian pemeliharaan dengan GE Power Services selama 25 tahun, yang meliputi pemeliharaan turbin gas, turbin uap, dan generator serta peralatan pembangkit listrik terkait lainnya.

GE dikenal sebagai penyedia pembangkit listrik dengan teknologi combined-cycle paling efisien di dunia pada tahun 2016 dengan teknologi HA-nya. Teknologi HA juga menawarkan fleksibilitas terdepan di industri, mampu memberikan daya penuh ke dalam jaringan dalam waktu kurang dari 30 menit dan menghasilkan daya yang lebih bersih, lebih andal dan berkelanjutan kepada pelanggan. Dengan lebih dari 70 unit yang dipesan sampai saat ini di empat benua, HA merupakan turbin gas dengan pertumbuhan dalam jumlah tercepat di dunia. HA sudah digunakan di lebih dari 16 negara, termasuk Amerika Serikat, Meksiko, China, Jepang, Brazil, Prancis, dan Malaysia. GE memiliki hubungan kerjasama panjang dengan Pertamina, Marubeni, dan Sojitz yang dibangun berdasarkan prinsip saling menghormati dan mempercayai dalam berbagai proyek di Asia, Timur Tengah dan Australia, menciptakan sebuah kerjasama saling menguntungkan dalam tatanan energi global. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template