Pilkades Serentak 11 November - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pilkades Serentak 11 November

Pilkades Serentak 11 November

Written By Admin Raka on Kamis, 12 Juli 2018 | 19.01.00

67 Desa Dijatah Rp 6,7 Miliar

KARAWANG, RAKA - Kejelasan pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) di 67 desa akhirnya terjawab. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Karawang Ade Sudiana mengatakan, hasil pembahasan bersama Komisi A DPRD Kabupaten Karawang memutuskan jika pilkades serentak tanggal 11 November 2018. Sedangkan anggarannya Rp 6,7 miliar.

"Anggarannya menggunakan APBD perubahan," tuturnya kepada Radar Karawang di Polres Karawang usai peringatan HUT Bhayangkara ke 72, Rabu (11/7) kemarin.

Ia melanjutkan, dalam pertemuan itu juga diingatkan jika pelaksaan pilkades hanya bisa dilakukan tiga kali dalam kurun waktu enam tahun. Artinya, pelaksaan pesta demokrasi tingkat desa bulan November itu, masih bisa dilakukan karena masuk dalam gelombang ketiga. "Jika dilakukan pada tahun ini, kita sudah sesuai aturan," katanya.

Sedangkan 45 kepala desa yang habis masa jabatannya Juli 2019, pilkades tidak bisa digelar tahun itu. Karena berbenturan dengan pelaksanaan pemilihan presiden dan pemilihan legislatif. "Idealnya kalau ada agenda nasional itu, di daerah jangan ada kegiatan. Karena menyangkut keamanan. Jadi akan digelar tahun 2020. Masuk kembali pada gelombang awal lagi," tuturnya.

Sementara tahapan pertama pilkades, kata Ade, akan dibentuk panitia di setiap desa yang mulai digelar hari ini. "Sejauh ini tidak ada masalah. Anggaran pilkades juga dianggarkan di APBD perubahan  Rp 7,9 miliar. Mulai dari biaya keamanan, pendampingan dan bantuan. Saat ini tinggal menuggu pelaksanaan, teknisnya sudah ada," katanya.

Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Karawang Ahmad Fajar mengatakan, legitimasi pelaksanaan pilkades akan terwujud jika sesuai perundang-undangan. Diantaranya mengikuti siklus tiga kali pelaksanaan dalam kurun waktu enam tahun. "Tahapan pelaksanaan pilkades tahun ini," tandasnya.

Ia melanjutkan, untuk kesiapan anggaran, keamanan, koordinasi, dan pelaksanaan tahapan menjadi satu hal yang mudah untuk diantisipasi. Namun yang paling penting dari semuanya adalah legalitas atau legitimasi pelaksanaan. "Untuk rentang atau interval waktunya memperhatikan kondisi masing-masing daerah. Jika dirasa cukup siap, saya mendukung dan mendoakan agar semuanya lancar dan sukses," paparnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template