PGRI Telagasari Lepas 33 Siswa ke Taiwan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » PGRI Telagasari Lepas 33 Siswa ke Taiwan

PGRI Telagasari Lepas 33 Siswa ke Taiwan

Written By Admin Raka on Selasa, 24 Juli 2018 | 16.30.00

TELAGASARI, RAKA - Sukses mengirim belasan alumninya magang dan kuliah di Jepang, China dan Malaysia dua tahun terakhir, SMK PGRI Telagasari kembali melepas 33 lulusannya ke Taiwan pada pertengahan Agustus mendatang. Secara simbolis, pelepasan siswa lintas jurusan untuk Program Pemagangan dan Beasiswa Pendidikan Strata 1 di Tajen University dan Tatung University Taiwan angkatan ke 2 ini, dilakukan langsung Wakil Bupati Karawang dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Senin (23/7) pagi.

Nining Yuningsih Widyawati, lulusan SMK PGRI Telagasari Jurusan TKR mengaku senang, bisa dapat kesempatan kuliah dan magang di Taiwan, walaupun latar belakang keluarganya buruh tani. Selama seleksi ia serius belajar bahasa Mandarin dan Bahas Inggris, dan ketika lolos, ia jelas senang dan sempat tidak percaya. Tapi Alhamdulillah, jalan Allah sangat indah, selain kuliah, magang juga bisa mendapatkan uang saku nantinya, dan bisa membanggakan orangtua.

Setelah nanti ia kuliah di Tajen University Fakultas Food Sains and Technology, ia akan banyak menimba ilmu dan fokus, sehingga pulang ke Karawang, tidak ada lagi yang mengucilkan SDM masyarakat Karawang dan bisa membaangun daerah dengan kompetensi yang dimiliki. "Alhamdulillah, saya dipilih dari sekian ratus siswa, orangtua mendukung  dan semoga semuanya diberi kelancaran," pungkasnya.

Dihadapan sejumlah HRD perusahaan dan orangtua siswa, Koordinator Pemagangan Taiwan SMK PGRI Telagasari, Yan Yan Sopyan ST mengatakan, program pemagangan bukan tahun ini saja, karena khusus ke Taiwan kegiatan ini merupakan pelepasan angkatan kedua. Sebab di tahun 2015, sebanyak 11 siswanya juga mendapati beasiswa serupa ke Negeri Sakura Jepang, termasuk juga ke China dan Malaysia.

Profesionalitas selama seleksi sebut Yan Yan juga sesuai standar, mulai kesehatan, bahasa Inggris dan Mandarin serta tes fisik lainnya, sehingga yang berangkat ke luar negeri itu adalah benar-benar murni orang terpilih. Bahkan, sambungnya, anak dari orangtua tukang becak, buruh tani dan kuli setrika, juga andil menjadi bagian yang berprestasi ikut program ini hingga lolos dan sudah berkuliah di berbagai negara tersebut. "Kita sudah kerjasama dengan 12 universitas luar negeri, 7 diantaranya yang aktif. Semoga kuota kedepan terus bertambah dan bertambah lagi," harapnya.

Kepala SMK PGRI Telagasari Drs H Cecep Jalaludin, MM, mengatakan, dirinya tidak bisa banyak kata menjabarkan kebanggaan kepada guru dan para peserta didiknya yang sudah sukses mengantarkan mereka bisa magang dan kuliah setiap tahun ke luar negeri. Kalau ditanya tips dan resep kenapa sekolahnya bisa semakin baik, maka jawabannya akibat dirinya sakit hati, sebab dirinya sudah banyak sakit hati mengapa banyak orang Karawang ditolak kerja di Karawang.

Makanya dirinya merasa perlu evaluasi dengan peningkatan kompetensi dan keahlian anak-anak kita, sehingga ia malah ingin targetkan 100 persen kedepan, anak-anak SMK PGRI Telagasari ini bisa kuliah semua di Jepang, Taiwan dan China atau negara lainnya, sehingga pulang ke Indonesia, mereka dicari dan diserap sendiri oleh perusahaan-perusahaan yang ada di Karawang. "Selain banyak sakit hati, saya didik anak-anak dengan Cinta kasih, memikirkan bagaimana mereka setelah lulus harus bermanfaat," katanya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template