Peternak Domba Kesulitan Mencari Rumput - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Peternak Domba Kesulitan Mencari Rumput

Peternak Domba Kesulitan Mencari Rumput

Written By Admin Raka on Minggu, 29 Juli 2018 | 14.00.00

RAWAMERTA, RAKA- Peternak domba dan sapi Desa Kutawargi kewalahan. Rumput yang menjadi pakan pokok peternak tidak banyak ditemukan meskipun lingkungannya berdekatan dengan area pesawahan. Agar tetap makan, para peternak terpaksa keluar daerah untuk mencari rumput.

Selain jarang, menurut salah satu peternak domba, Agus (42), kualitas rumput di daerahnya dinilai kurang bagus. Peternak terpaksa keluar daerah untuk mencari rumput meskipun sedikit agak jauh, bahkan hingga Kecamatan Cilebar dan tepian pantai. "Kalau di Cilebar gak ada, kita ke daerah kota di tepian rel kareta," ungkapnya.

Kadang, lanjut Agus, jika di tempat jauh pun tidak ada, peternak terpaksa mengeluarkan dana lebih untuk mengganti pakan ternaknya menggunakan ampas tahu. "Kalau gak ada pisan mah kita terpaksa beli ampas tahu, meskipun lebih bagus rumput," ucapnya.

Dari pada ampas tahu, lanjutnya, peternak domba Desa Kutawargi lebih memilih menggunakan rumput meskipun harus jauh-jauh ke luar daerah. "Kalau pakai ampas tahu emang kelihatan gede-gede. Tapi lebih banyak lemak atau gajihnya," katanya.

Di katakan, Hamdan (23), kuli pencari rumput, banyak peternak kesulitan mendapat rumput, menjadi berkah baginya. Karena, banyak peternak yang menggunakan jasanya untuk sekedar nitio sekarung rumput. "Lumayan ada hikmahnya juga. Sekarung Rp 15 ribu," ujarnya.

Dirinya mengaku tak pernah sendiri jika mencari rumput, karena cator yang ia bawa harus dipenuhi rumput. Kadang berkelompok bersama temannya, karena dalam 1 cator cukup untuk 10 karung rumput. "Paking 3 orang kita cari rumput, dan itu pun gak kita jual semua, karena saya pun sama punya ternak," pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template