Petani Rawamerta Tidak Kompak, Tanam Padi tak Serentak - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Petani Rawamerta Tidak Kompak, Tanam Padi tak Serentak

Petani Rawamerta Tidak Kompak, Tanam Padi tak Serentak

Written By Admin Raka on Sabtu, 21 Juli 2018 | 18.00.00

RAWAMERTA, RAKA- Musim panen baru saja berakhir beberapa minggu kemarin. Sebagian petani telah siap berjuang melawan kembali hama, agar dapat menghasilkan panen yang melimpah. Saat ini, para petani pun telah mempersiapkan kembali kebutuhan masa tanamnya, namun ada juga lahan pertanian belum dialiri air. Di sana, petani yang sawahnya masih kering merasa bingung antara meneruskan, dan mengistirahatkan lahan garapannya.

Dikatakan salah seorang petani Rawamerta, Juhana, panen padi yang baru saja berakhir beberapa minggu lalu, merupakan masa tanam yang kedua. Artinya, setelah itu kabiasaan petani mengistirahatkan lahan pertaniannya setelah melakukan 2 kali tanam. Namun ada sebagian petani yang sawahnya dialiri air, dan akan melanjutkan bertanam. "Ya seharusnya kalau mau tanam, tanam semua. Kami mau tanam juga bingung gak airnya, lagian kan seharusnya sekarang mestinya istirahat dulu," katanya.

Lebih lanjutnya, ia mengaku belum siap untuk bercocok tanam kembali. Dengan alasan sawahnya yang masih kering dan telah melakukan tanam 2 kali berturut-turut, meskipun sebagian petani sudah mulai tahap pengelolaan tanah. "Tapi kita mah mending diistirahatkan dulu, gak baik jugakan memaksakan lahan terus aktif tanpa henti," ujarnya.

Adapun, jika imbauan dari pihak pertanian, agar melakukan tanam kembali, dirinya meminta agar lahaan sawahnya juga dapat dialiri air, seperti sawah petani yang saat ini sudah mulai pengolahan tanah. "Kalau bisa ada imbauan atau sekedar peberitahuan dari pihak pertanian kepada para petani agar semua sejalan," terangnya.

Di tempat yang sama petani lainnya mengatakan, Fadilah, dirinya mengaku akan ikut keputusan petani terbanyak "Jika harus tanam kembali boleh, gak juga gak apa-apa. Karena kalau tidak bareng akan berdampak pula pada tanaman padinya," pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template