Petani Kedelai Minta Pemerintah Beli Hasil Panen - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Petani Kedelai Minta Pemerintah Beli Hasil Panen

Petani Kedelai Minta Pemerintah Beli Hasil Panen

Written By Admin Raka on Sabtu, 28 Juli 2018 | 16.15.00

PURWASARI, RAKA - Kacang kedelai yang ditanam oleh kelompok tani Desa Darawolong mendapat apresiasi dari pemerintah. Tidak tanggung-tanggung, bukan hanya Dinas Pertanian Karawang yang turun untuk melakukan pengecekan, Dinas Pertanian Provinsi Jawa Barat juga ikut memantau tanaman kacang kedelai tersebut.

Ketua Kelompok Tani Darawolong, Agus Asoka menyampaikan, persoalan yang paling utama bagi para petani adalah hasil tanamannya tidak dijamin oleh negara untuk mendapatkan harga yang bagus. Akibatnya penghasilan petani tidak sebanding dengan kerja keras yang dilakukannya saat tanam sampai panen. "Kami minta pemerintah membeli hasil panen kami," ujar Agus, mengadu di hadapan perwakilan Dinas Pertanian Jawa Barat dan Karawang saat melakukan monitoring di area pertanian Darawolong.

Karena, tambah Agus, tidak ada yang tidak bisa jika pemerintah turun tangan. Bahkan bisa menghilangkan para calo yang selama ini seenaknya mengendalikan harga hasil dari para petani. "Kalau pemerintah tidak turun tangan sampai kapapun yang diuntungkan para calo," ujarnya.

Padahal, keberadaan para petani jelas sangat membantu pemerintah dalam hal menjaga stok pangan dan hortikultura. tanpa petani, rakyat Indonesia khususnya warga Karawang tidak akan bisa menikmati berbagai hasil pertanian. "Sekali lagi saya minta saat panen nanti, pemerintah yang belinya, biar harganya bagus," ujarnya.

Sementara Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian Karawang, Wawan mengaku siap memenuhi permintaan para petani. Karena memang yang menjadi persoalan para petani adalah harga yang diatur oleh para calo. "Kami siap untuk membeli hasil panen (kacang kedelai) dari para petani," ujarnya. (zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template