Pertigaan Karangpawitan Ditutup - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pertigaan Karangpawitan Ditutup

Pertigaan Karangpawitan Ditutup

Written By Admin Raka on Jumat, 13 Juli 2018 | 17.15.00

Putaran Motor Beralih ke Depan Masjid Aljihad 

KARAWANG, RAKA - Setelah penutupan putaran jalur di pertigaan depan Lapangan Karangpawitan, Dinas Perhubungan (Dishub) kembali didesak agar melakukan hal yang sama terhadap putaran di depan Masjid Aljihad. Alasannya, sejak penutupan putaran tersebut pengendara malah menggunakan putaran di depan masjid itu untuk berputar arah. 

"Sekarang lalulintas di sepanjang lapangan Karawang lebih rapi. Tapi kalau bisa putaran yang didepan Masjid Aljihad ditutup juga. Sebab dari arah Kampung Jatirasa masyarakat masih sering melintas dan menggunakan putaran itu untuk berputar," ucap Iwan (35) tukang ojek pangkalan di depan Hotel Omega, disamping lapangan karangpawitan, Kamis (12/7).

Menurut Iwan yang dilakukan pengendara dari arah Jatirasa amat berbahaya karena melawan arus. Sudah itu selain karakter lalulintasnya padat kendaraan dari arah lampu merah DPRD juga sering melaju dengan kecepatan tinggi jika sedang lengang sehingga rawan kecelakaan. "Paling parah itu kalau yang naik motornya ibu-ibu sudah tidak mengenakan helm jalurnya jalannya juga melawan arus," terang Iwan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Arief Bijaksana Maryogo mengatakan selain Pertigaan Lapangan Karangpawitan pihaknya juga melakukan penutup di tiga lokasi berbeda rawan kemacetan. Ketiga lokasi itu masing-masing Pertigaan Kopel Klari, Pertigaan Kosambi dan turunan depan PLN Kosambi. Ketiga titik tersebut dianggap menjadi pemicu terjadinya kemacetan di sejumlah ruas jalan sepanjang Jalan Raya Klari - Cikampek.

"Untuk Pertigaan Lapangan Karangpawitan kita lakukan penutupan dengan alasan selama ini kendaraan roda dua selalu contraflow dari arah Gonggo," sebut Arief. Dia memperhitungkan tingginya volume kendaraan terusama motor yang datang dari arah Jalan Kertabumi yang masuk melalui Underpass Gonggo sebelum memasuki perlintasan Kampung Jatirasa. 

Selain itu aksi nekat pengendara motor melawan arah sebelum berputar di pertigaan Lapangan Karangpawitan merupakan perbuatan nekat. Sebab aksi itu bukan saja rawan ditabrak kendaraan dari arah depannya tetapi juga rawan memicu terjadinya kemacetan. "Untuk pertigaan lapangan karangpawitan di Jalan Ahmad Yani kita tutup karena rawan laka dan macet," tandas Arief.

Sementara tiga lokasi lain yang juga ditutup, sebut Arief juga dengan alasan yang sama. Seperti pertigaan kopel dikarenakan lokasi itu menjadi titik kemacetan  yang cukup panjang. Sedang pertigaan kosambi alasannya sama dengan pertigaan kopel yang selalu macet akibat dekat dengan putaran. Begitupun dengan putaran turunan depan PLN kosambi juga rawan laka dan macet.
Kendati demikian Arief mengatakan kebijakan penutupan putaran itu sifatnya belum permanen karena masih akan dilakukan evaluasi. "Kita akan evaluasi selama seminggu. Tetapi berdasarkan laporan yang biasanya macet pada jam-jam tertentu sekarang lumayan lancar," katanya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template