Persika oh Persika, Bermain Bertahan, Ditekuk Persik 2-0 - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Persika oh Persika, Bermain Bertahan, Ditekuk Persik 2-0

Persika oh Persika, Bermain Bertahan, Ditekuk Persik 2-0

Written By Admin Raka on Senin, 30 Juli 2018 | 12.00.00

KENDAL, RAKA - Gawat! Persika tidak boleh dibiarkan terus mengalami kekalahan. Manajemen harus berbenah. Pemain tidak boleh kehilangan motivasi. Apalagi sampai loyo saat bertanding. Dan para pendukung jangan sampai hilang fanatismenya. Karena posisi Laskar Jawara di paruh musim Liga 2 Indonesia, masuk dalam zona degradasi. Area yang sangat diharamkan oleh pecinta sepak bola di Kabupaten Karawang. Pasalnya, target awal adalah lolos ke Liga 1, bukan nyungseb ke Liga 3.

Kekalahan melawan Persik Kendal di Stadion Kebundalem Kendal, Minggu (29/7) kemarin, harus menjadi catatan penting. Kalau perlu digaris bawahi. Karena ini adalah kekalahan kedua minggu ini. Atau pertandingan ketiga tanpa kemenangan, setelah ditahan 0-0 oleh Persis Solo di Stadion Singaperbangsa, Kamis (19/7). Dipukul Persita Tangerang 4-1, Rabu (25/7). Dan terakhir ditekuk Persik Kendal 2-0.

Bermain di Kendal, kedua tim sama-sama belum memiliki pelatih kepala. Persik Kendal ditinggalkan oleh Eduard Tjong, sedangkan Persika tanpa Ricky Nelson. Serupa tapi tak sama. Eduar mengundurkan diri karena tim yang digarapnya selalu kalah. Posisinya berada di dasar klasemen. Sedangkan Ricky tidak tahan berlama-lama bekerja tanpa gaji.

Kekalahan di kandang Persik, membuat Persika berada di posisi ke 11, atau kedua paling bawah dalam klasemen sementara Liga 2 Indonesia. Beda satu poin dari juru kunci PSIR Rembang.

Pada babak pertama, Persika benar-benar bermain bertahan. Tidak tanggung, enam bek dipasang di area pertahanan. Mereka adalah Aang Suparman, Agus Supriyanto, Khalil Gibran, Muhamad Taufik, Muhammad Rizky Yusuf, dan Sutrisno. Sedangkan untuk memainkan ritme permainan, pelatih sementara Persika, Robi Mareiyana memasang dua pemain tengah yaitu Ade Suhendra dan Rezky Ikhwan. Sisanya dua penyerang yaitu Rudiyana dan Sandi Pratama.

Bermain bertahan, otomatis Persik Kendal lebih leluasa mengatur irama permainan. Serangan demi serangan dilancarkan oleh Laskar Bahurekso. Terlebih mereka memasang tiga penyerang untuk menggempur Aang Suparman Cs. Yaitu Achmad Ardiansyah, Andri Arianto, dan Rizki Kurniawan. Lalu menebar pemain tengah di tiga titik, yaitu Angga Widi Pujianto, Firdaus Janwar, dan Franky Mahendra. Sisanya empat bek yaitu Dendi Sembiring, Muhammad Romin, Muhammad Alaik, dan Wahyu Prasetyo.

Alhasil, pertandingan baru berjalan 15 menit, gawang Persika yang dijaga Harlan Suardi harus kebobolan lewat sepakan Achmad Ardiansyah. Gol yang seharusnya menjadi evaluasi Robi untuk merubah strategi.

Unggul satu gol, tidak membuat Persik menggendorkan serangan. Para penyerang mereka terus menggempur barisan pertahanan Persika. Kerasnya serangan, memaksa Muhammad Rizky melakukan pelanggaran yang membuatnya harus diganjar kartu kuning oleh wasit Abdul Razak dari Sulawesi Tenggara pada menit ke 28. Begitu pula Agus Supriyanto. Tidak ingin garis pertahanan Persika diacak-acak penyerang Persik, memaksanya harus melakukan pelanggaran cukup keras di menit 35. Wasit pun akhirnya memberi Agus kartu kuning. Merasa barisan pertahanan cukup kondusif, akhirnya Persika merubah formula permainan. Muhammad Rizky ditarik keluar, digantikan pemain tengah Reza Saputra di menit ke 32.

Namun, rupanya anak-anak Kendal punya cara lain untuk membongkar barisan pertahanan Laskar Jawara. Bencana pun datang menjelang turun minum. Adalah Rizki Kurniawan, penyerang Persik berhasil mengoyak jala gawang Persika untuk kedua kalinya. Skor pun berubah menjadi 2-0 untuk tim tuan rumah. Berusaha mengejar ketinggalan di menit-menit akhir babak kedua, Sutrisno diganti oleh Aji Kusuma. Namun, hingga turun minum skor belum berubah 2-0.

Memasuki babak kedua, pola permainan tidak banyak berubah. Beberapa pemain cadangan coba dimainkan kedua tim. Di kubu tuan rumah, pemain tengah Budiawan menggantikan penyerang Rizki Kurniawan di menit ke 64, sedangkan Franky Mahendra digeser oleh Andrid Wibaya menit ke 77. Begitu pun penyerang depan Susilo Riwandoyo menggantikan Andri Arianto menit ke 85. Skema permainan Persik tidak banyak mengalami perubahan. Begitu pula Persika, hanya menarik keluar Rudiyana di menit ke 73, digantikan oleh pemain bertahan Yus Arfandi. Hingga pertandingan usai, skor tidak berubah 2-0.

Hingga berita ini diturunkan, Manajer Persika Karawang Rahmat Gunadi tidak memberikan resmi terkait hasil pertandingan. (psn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template