Perpisahan Siswa Menyisahkan Hamparan Sampah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Perpisahan Siswa Menyisahkan Hamparan Sampah

Perpisahan Siswa Menyisahkan Hamparan Sampah

Written By Admin Raka on Senin, 02 Juli 2018 | 14.00.00

TEGALWARU , RAKA - Kegiatan perpisahan siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Karawang di Kampung Cipeuteuy, Desa Mekarbuana, Tegalwaru, menyisahkan sampah yang berserakan. Kondisi ini dikeluhkan karena beranggapan mestinya sadar kebersihan itu bisa dimulai dari lingkungan sekolah.

Seperti dikatakan Amalia (27) mahasiswi Universitas Singaperbangsa Karawang, Minggu (1/7). Memang sampah jarang ada yang peduli, padahal momentum perpisahan yang sekolah adakan merupakan sarana menyampaikan kepada siswa agar peduli tentang sampah. "Terlebih sekolah dekat dengan saluran air sudah seharusnya MIN 1 Pangkalan sediakan tempat sampah yang aman dan bisa menjadi tempat membuang sampah. Terserah teknisnya bagaimana akan dibakar atau ditanam yang penting sampahnya tidak terbuang ke sungai," jelasnya.

Senada itu, tokoh masyarakat Desa Mekarbuana, Muhtar (65) menerangkan sekolah memiliki lahan yang cukup luas, mungkin sudah saatnya menerapkan kedisiplinan perihal buang sampah. "Disiplin membuang sampah itu bukan saja berlaku bagi MIN 1 Karawang melainkan semua pihak di lingkungan masyarakat. Makanya, saya berharap hal ini pun mendapat perhatian serius berbagai kalangan, untuk sama-sama mengentaskan persoalan sampah," tandasnya.

Minimnya kepedulian untuk menjaga kebersihan lingkungan diakui oleh Ucen (47) warga Desa Mekarbuana. Sampai saat ini dia masih sering melihat ada warga yang buang sampahnya ke sungai. Padahal, siapapun tahu sampah-sampah itu nantinya akan berujung ke sawah dan rumah-rumah warga setiap kali terjadi banjir. "Kalau saya sampahnya saya tanam setelah dibakar terlebih dahulu," ucap Ucen.

Ucen merasa kasihan terhadap petani yang suka mengeluhkan sawahnya dipenuhi sampah yang terseret sungai hingga terdampar ke lahan-lahan pertanian. "Kasihan saja sama petani, kan pada akhirnya mereka yang merasakan dampak dari sampah-sampah yang dibuang warga itu pada saat banjir," ucapnya. 

Sementara menyinggung sampah hasil perpisahasn siswa MIN 1 Karawang, Ucen, mengatakan hal seperti itu terjadi setiap tahun tiap kali berlangsung kegiatan perpisahan siswa di sekolah itu. Hanya saja, biasanya sampah-sampah itu langsung dibersihkan oleh siswa-siswanya usai pembagian raport. "Siswanya biasanya ikut juga membantu membersihkan, mungkin belum sempat saja," ucapnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template