Perolehan Suara Pilgub Jabar Diinput Ulang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Perolehan Suara Pilgub Jabar Diinput Ulang

Perolehan Suara Pilgub Jabar Diinput Ulang

Written By Mang Raka on Selasa, 03 Juli 2018 | 16.09.00

KARAWANG, RAKA - Gara-gara website Komisi Pemilihan Umum (KPU) diretas dan membuat sistem informasi penghitungan suara (Situng) tidak bisa diakses oleh masyarakat, memaksa petugas KPU Kabupaten Karawang menginput ulang hasil suara.
Koordinator Operator Situng KPU Kabupaten Karawang Iman Hilman mengatakan, hasil suara harus dikirim ulang. Hingga pukul 15.37 WIB, baru 81,67 persen yang sudah diinput hasil suara 2468 TPS dari 3022 TPS. "Karena server di pusat yang diretas, kita harus masukan ulang lagi. Dan kita punya backupnya," kata Iman kepada Radar Karawang, Senin (2/7) kemarin.
Ia melanjutkan, data yang masuk sebanyak 81.67 persen itu adalah hasil perolehan suara para calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat di Kabupaten Karawang. "Nomor urut 1 (Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum) 33,83 persen, nomor urut 2 (Tb Hasanudin-Anton Charliyan) 12,71 persen, nomor urut 3 (Sudrajat-Ahmad Syaikhu) 28,17 persen. Sedangkan nomor urut 4 (Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi) mencapai 25,29 persen," tuturnya.
Menurutnya, perolehan suara tidak terganggu dengan kerusakan website. Karena data ril yang dimasukan KPU dilakukan secara offline. Sedangkan website yang biasa diakses masyarakat untuk melihat hasil real count, hingga saat ini masih belum bisa diakses. "Sejauh ini dalam tahap perbaikan, karena Website itu se Jabar bukan Karawang saja. Kita masih menunggu instruksi dari pusat," kata Iman.
Ia kembali menegaskan, hasil suara di Kabupaten Karawang sudah 100 persen masuk ke KPU dan tidak bisa diubah meski server KPU Pusat diretas. "Dengan perolehan yang ada, tidak ada perubahan dari hasil TPS. Karena bukti hard copy ada di kita," katanya.
Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris KPU Kabupaten Karawang Gery S Samrodi menyampaikan, meski website KPU yang menayangkan real count tidak bisa diakses oleh masyarakat, tidak mengubah tahapan pilgub. "Saat ini KPU Karawang akan siapkan sidang pleno tingkat Kabupaten Karawang," ucapnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template