Perlu Ada yang Berani Omelin Pengunjung Buang Sampah Sembarangan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Perlu Ada yang Berani Omelin Pengunjung Buang Sampah Sembarangan

Perlu Ada yang Berani Omelin Pengunjung Buang Sampah Sembarangan

Written By Admin Raka on Senin, 23 Juli 2018 | 11.15.00

KARAWANG, RAKA - Persoalan sekarang bukan masalah ada dan tidaknya tong sampah di lingkungan Taman I Love Karawang, melainkan perlunya menumbuhkan kesadaran pengunjung agar peduli terhadap kebersihan di lingkungn taman tersebut. Untuk itu mengemuka usulan agar ada petugas di lokasi taman guna memberi teguran terhadap pengunjung yang membuang sampahnya sembarangan.

Ketua Perpustakaan Jalanan Keluarga Besar Naga Hitam Jaka Indriana (26) menyampaikan itu kepada Radar Karawang, Minggu (22/7). Menurut dia keberadaan Satuan Tugas (Satgas) Kebersihan perlu di lokasi taman untuk mengingatkan pengunjung yang membuang sampahnya tidak di tong sampah yang sudah disediakan. "Saya menilai dari sudut pengunjung. Mereka mungkin beranggapan nanti juga ada petugas yang membersihkan sampahnya, sehingga seenaknya membuang sampah disembarang tempat," ucapnya.

Untuk itu, terang Jaka, perlu ada petugas yang ditempatkan di lokasi taman sebagai shock terapi terhadap pengunjung Taman I Love Karawang terutama saat berlangsungnya Car Free Day. "Kalau menurut saya, tidak usah Satpol PP cukup petugas kebersihan, itu yang seragamnya orange. Yang capek kan mereka, nah, pastilah mereka lebih galak ketimbang Satpol PP," tegas Jaka lagi.

Jaka optimis para pengunjung merasa malu dan risih jika diperingatkan petugas kebersihan ketimbang Satpol PP. Apalagi kalau petugas perempuan, biasanya lebih cerewet. "Masakan tidak malu sih diomel-omeli didepan umum. Saya yakin, minggu besoknya pengunjung itu tidak akan berani lagi membuang sampah di sekitar taman," tandas Jaka.

Kalau soal jumlah tong sampah yang saat ini ada itu tidak menjadi soal berapa pun jumlah, karena persoalannya justru kesadaran pengunjungnya yang minim. Sebab, kalau memang ada itikadnya menjaga kebersihan taman, dimanapun tempatnya kan tinggal berjalan menuju tong sampahnya. "Itikad baik, itu yang penting. Kalau itikadnya saja sudah tidak ada, ya pantasnya diomelin. Nah, itu yang bisa bukan satpol PP tapi ibu-ibu yang seragamnya orange itu," katanya.

Nanti, petugas berseragam orange itu juga wajib menjelaskan Perda Sampah yang memang sudah lama diberlakukan di Karawang, tambah Jaka. Lalu apa saja yang menyangkut upaya pentingnya menjaga kebersihan di Taman I Love Karawang. "Karawang kan sudah punya Perda Sampah. Nah, itu jadi pekerjaan petugas sampah itu menjelaskannya kepada pengunjung nakal yang buang sampah sembarangan," tandas Jaka.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukian (PRKP) Kabupaten Karawang Ramon Wibawalaksana, ketika disinggung perihal itu, merasa dengan adanya masukan dari warga terhadap pemerintah, pastinya hal itu menjadi hal yang sangat baik. Untuk itu dia akan menjadikan itu acuan untuk melakukan pembenahan. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template