Pengusaha Kecil Mulai Buru KUR - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pengusaha Kecil Mulai Buru KUR

Pengusaha Kecil Mulai Buru KUR

Written By Admin Raka on Rabu, 04 Juli 2018 | 14.30.00

KLARI, RAKA - Pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di Kecamatan Klari tepatnya di Desa Duren butuh suntikan modal. Oleh karenanya, untuk menambah modal program pemerintah berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR) diburu.

"Saya mau mengajukan KUR, makanya buat keterangan usaha ke desa," ujar Sri, warga Perumahan Kandiwa, Desa Duren saat ditemudi di balai desa, Selasa (3/6).

Sri yang memiliki usaha di bidang isi ulang air minum itu mengaku sudah beberapa kali mengajukan permodalan ke bank konvensional dengan suku bunga normal. "Pinjamannya sudah sampai Rp100 juta, karena buka usahanya juga sejak 2011," ujarnya.

Mengetahui warganya membutuhkan permodalan dengan bunga ringan, Kepala Desa Duren Abdul Halim langsung menerima Sri dan mengajak berbincang untuk persoalan usahanya. Setelah itu wara langsung diarahkan ke stafnya untuk dibuatkan surat keterangan usaha dari desa. "Kalau keterangan usaha memang desa yang mengeluarkan. Silahkan kami bantu," ujar Ebeh, sapaan akrab Abdul Halim.

Menurutnya, KUR memang program pemerintah yang harus diakses oleh masyarakat, terutama yang butuh permodalan untuk mengembangkan usaha. Karena bunga KUR rendah, sehingga meringankan pengusaha kecil. "Bunganya rendah, makanya harus diambil itu," pungkasnya.

Kehadiran Kredit Usaha Rakyat (KUR) memang untuk menggenjot kemandirian UKM yang ada di Indonesia. Kementeri Koperasi dan UKM mengalokasi KUR sebesar Rp120 triliun tahun 2018. Sedangkan alokasi tahun lalu mencapai Rp106 triliun.

Untuk mendorong peningkatan serapan KUR. Salah satunya adalah mendorong pengelolaan dana KUR yang diterima oleh debitur. Pasalnya, beberapa debitur kerap menggunakan uang KUR untuk hal yang tidak sesuai program. (zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template