Pendatang Wajib Lapor ke Pemerintahan Desa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pendatang Wajib Lapor ke Pemerintahan Desa

Pendatang Wajib Lapor ke Pemerintahan Desa

Written By Admin Raka on Sabtu, 28 Juli 2018 | 16.30.00

KLARI, RAKA - para pendatang yang masuk Desa Duren diminta untuk segera lapor kepada Ketua RT setempat dan menyerahkan foto kopi kartu identitas. Hal itu dilakukan guna mengetahui asal; muasa para pendatang dan dalam rangka apa datang ke Karawang.

"Kami intruksikan kepada para ketua RT untuk melakukan pendataan para pendatang," ujar Kasi Trantib Klari, Arif Maulana kepada Radar Karawang belum lama ini.

Menurutnya, disamping ada intruksi yang disampaikan kepada ketua RT pendatang juga harusnya mengerti sendiri. Karena orang yang tingal di perumahan biasanya memiliki aktivitas sendiri termasuk ketua RT-nya. "Jadi kadang mah 1X24 wajib lapor, tidak dipatuhi oleh para pendatang," akunya.

Memang, tambahnya, harus ada kesadaran juga dari warga. Sehingga saat ada pendatang, minimal tetangganya mengingatkan untuk lapor ke ketua RT. Dengan demikian, saat terjadi hal yang tidak diinginkan, pemerintah bisa mudah melakukan penelusuran. "Kalau terjadi apa-apa tetep aja yang pusing kami. Makanya wajib lapor," tegasnya.

Dia mencontohkan, ada warga Duren yang sudah tingga lebih dari lima tahun. Namun baru lapor ke perangkat desa saat ada kebutuhan. Dia mengaku langsung memarahi orang yang bersangkutan. "Saya marahi, ini penting untuk pembelajaran warga lainnya. Jadi jangan seenaknya," ujarnya.

Belum lagi, tambahnya, jika pendatang tersebut terlibat gerakan radikal. Sehingga saat terjadi persoalan, maka pemerintahan desa pasti disalahkan. Apalagi kalau tidak mengetahui seluk beluk yang bersangkutan. "Kayak kasus teroris, itu sudah pasti melelahkan. Maka penting menyetorkan data ke pemdes, milimal ke ketua RT," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template