Pencairan Dana Desa Tergatung Tim Verifikasi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pencairan Dana Desa Tergatung Tim Verifikasi

Pencairan Dana Desa Tergatung Tim Verifikasi

Written By Admin Raka on Jumat, 06 Juli 2018 | 15.30.00

KOTABARU, RAKA - Pencairan dana desa di setiap desa ternyata tergantung pada tim verifikasi yang ada di kecamatan. Pasalnya jika tim verifikasi kecamatan tidak meng- acc ajuan dari desa, maka pencairan tidak akan bisa dilakukan.

Hal itu disampaikan oleh Tenaga Ahli Kabupaten Karawang Lili Mahali, saat menyikapi masih banyaknya persoalan di Karawang terkait proses pencairan dana desa. Dia meminta kepada tim verifikasi kecamatan jangan asal meng-acc padahal berkasnya tidak lengkap. "Sebenarnya, pencairan dana desa tergantung pada tim verifikasi yang ada di kecamatan," ujarnya.

Menurutnya, sejauh ini ada desa yang memaksakan kehendak untuk bisa melakuman pencairan. Sedangkan administrasinya tidak lengkap, padahal hal itu bisa menjadi persoalan dikemudian hari. "Soalnya ada kades yang lebib hebat dari camat. Maka mereka maksa agar dana desa bisa dicairkan. Meskipun berkasnya tidak lengkap," ujarnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, padahal kehadiran dana desa adalah untuk membantu pembangunan di pedesaan. Bukan malah menjadi permasalahan bagi desa. Karena banyaknya aturan atau prosedur yang dilanggarlah, dana desa berbuntut masalah. "Kalau ada luncuran saja pusing, apalagi ada masalah lain," ujarnya.

Untuk dana desa tahap I Tahun 2018, kata Lili, ada 100 desa lebih yang belum melakukan pencairan. Akibatnya pembangunan di setiap desa yang seharusnya bisa lebih cepat jadi telat. Kondisi itu sangat jauh dari apa yang diinginkan pemerintah pusat dalam hal ini Presiden Jokowidodo atas diluncurkannya dana desa. Karena sebenarnya dana desa sudah bisa dicairkan sejak awal tahun. "Sekarang masih sekitar 100 lebih desa yang belum mencairkan dana desa. Kami harap desa yang belum mencairkan bisa segera mencairkannya," pungkasnya.

Sementara Amung Kusmayadi, Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kecamatan Kotabaru pernah menyampaikan, dari sembilan desa yang ada di wiliyah Kecamatan Kotabaru baru dua Desa yang sudah mencairkan dana desa. Oleh karenanya, desa yang sampai saat ini belum melakukan pencairan, akan ada surat teguran dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Karawang. "Baru Desa Pucung dan Pangulah Utara yang sudah mencairakan DD," ucap Amung. (zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template