Pemilihan BPD Mirip Pilkades - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemilihan BPD Mirip Pilkades

Pemilihan BPD Mirip Pilkades

Written By Admin Raka on Selasa, 24 Juli 2018 | 15.15.00

MAJALAYA, RAKA- Meskipun di dalam peraturan pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dilakukan dengan cara musyawarah desa, di mana hanya berdasarkan perwakilan masing-masing tokoh masyarakat. Namun dalam pemilihan anggota BPD di Desa Sarijaya, Kecamatan Majalaya justru dilakukan dengan cara seperti pemilihan kepala desa pada umumnya, yaitu  dengan menghadirkan masing-masing calon anggota BPD. Hal tersebut di lakukan untuk menumbuhkan rasa demokrasi di kalangan paling bawah.

Menurut ketua panitia penyelenggara, Dudu, pada pemilihan anggota BPD sebelumnya juga dilakukan pemilihan secara langsung, namun hanya 1 dusun. Dan pemilihan BPD masa jabatan 2018 - 2024 kali ini dilakukan oleh 2 dusun. “Karena 2 dusun lainnya, kuota calon dianggap cukup dan hanya dilakukan secara musyawarah,” ucapnya.

Pemilihan anggota BPD di Desa Sarijaya yang biasanya dilakukan dengan cara musyawarah dusun, justru dilakukan dengan cara layaknya pemilihan kepala desa. Hal tersebut dilakukan guna menumbuhkan jiwa demokrasi dikalangan masyarakat.

Sedangkan menurut Kepala Desa Sarijaya, Enin Sutisna, meskipun dalam aturan pemilihan anggota BPD di lakukan secara musdus, namun pihaknya sengaja menyelenggarakan pemilihan anggota BPD dengan cara seperti pilkades. Karena ingin mengaplikasikan budaya demokrasi. “Dalam aturan tidak dijelaskan secara pasti spesifik tokoh masyarakat seperti apa, dalam pelaksanaan pemilihan anggota BPD dengan cara pemilihan secara langsung membutuhkan biaya yang cukup besar, namun hal tersebut tidak menjadi suatu kendala karena demokrasi yang lebih penting,” pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template