Pemilihan BPD Harus Sesuai Jadwal - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemilihan BPD Harus Sesuai Jadwal

Pemilihan BPD Harus Sesuai Jadwal

Written By Admin Raka on Minggu, 01 Juli 2018 | 14.00.00

PURWASARI, RAKA - Seluruh desa di Kabupaten Karawang saat ini tengah dilakukan tahapan pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Pelaksanaan pemilihan BPD pun diharapkan sesuai dengan agenda yang sudah ditetapkan.

Hal itu disampaikan oleh Kasi Pemerintahan Kecamatan Purwasari H Syahrul Hafid yang mengingatkan kepada semua panitia pemilihan agar bisa berjalan dengan baik. "Agar tidak jadi persoalan harus sesuai jadawal," ujar Syahrul kepada Radar Karawang, jumat (29/6) di ruang kerjanya.

Dia menyampaikan, saat ini pelaksanaan pemilihan BPD sudah sampai pada pemenuhan persyaratan administratif calon BPD melalui dinas / instansi. Maka wajar jika para calon tengah sibuk datang ke dinas pendidikan, disduk, polisi dan lain sebagainya untuk memenuhi berkas yang tengah ditetapkan. "Dokumen yang harus dipenuhi sebagai syarat itu dijadwalkan dari tanggal 28 Juni hingga 11 Juli," kata Syahrul.

Kemudian, untuk tanggal 11 hingga 13 Juli memasuki tahapan penyaringan calon anggota BPD dengan seleksi administratif dan penetapan calon yang memenuhi syarat hasil seleksi administratif.
Tangal 13 sampai 15 Juli, pengumuman jadawal musyawarah dusun. Sedangkan untuk pelaksanaan musyawarah dusun dilakukan pada tanggal 16 hingga 31 Juli. "Kalau kami menunggu laporan dari panitia dari tiap-tiap desa. Tapi hasil pantauan tahapan pemilihan BPD berjalan dengan baik," ujarnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, memang ada desa yang biasa-biasa saja ada juga yang ramai pada pelaksanaan pemilihan BPD ini. Itu menjadi suatu kewajaran karena masing-masing desa memiliki perbedaan karakter. "Tapi jangan salah loh, ada desa yang ngomong pemilihan BPD lebih ramai dari pada pilgub," ujarnya.

Sesuai aturan yang baru, kuota atau kursi BPD saat ini minimal 5, kemudian 7 dan maksimal 9. Berbeda dengan aturan sebelumnya yang memberikan kuota maksimal 11 orang. "Jadi tinggal pilih saja, mau 5, 7 atau 9 orang. Kalau 11, sekarang tidak boleh, itu aturan lama," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template