Pemilihan BPD Dicoblos, Calon Lebih dari Satu - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemilihan BPD Dicoblos, Calon Lebih dari Satu

Pemilihan BPD Dicoblos, Calon Lebih dari Satu

Written By Admin Raka on Jumat, 20 Juli 2018 | 16.00.00

RENGASDENGKLOK, RAKA- Karena lebih dari satu orang, metode pencoblosan gambar calon dilakukan pada pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam Musyawarah Dusun (Musdus) Blok Kraton, Desa Rengasdengklok Selatan, Kecamatan Rengasdengklok.

Dikatakan Juanda, Ketua Panitia Pemilihan BPD Rengasdengklok Selatan, sebelumnya panitia telah melakukan penjaringan calon dari setiap dusun di Desa Rengasdengklok hingga penetapan calon BPD yang dimulai dari tahapan-tahapan pengisian BPD. "Setelah penjaringan, dalam musyawarah dusun ini kita lakukan voting untuk mendapatkan seorang BPD perwakilan dusun ini," ujarnya.

Menurutnya, voting dengan cara pencoblosan calon ini dilakukan hanya dengan menuliskan nama calon yang dipilih pada selembar kertas oleh peserta musyawarah. Bersama anggota panitia, dirinya mencoba menggunakan surat suara untuk dicoblos agar kesan pencoblosan secara adil tetap ada di kalangan para tokoh masyarakat. "Supaya lebih adil dan dapat disepakati oleh masyarakat," ujarnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, tak jauh beda dengan pencoblosan presiden dan pencoblosan lainnya, panitia memberi kesempatan kepada para calon untuk menyampaikan visi misi, tupoksi, serta hak dan wewenang BPD kepada perwakilan masyarakat yang hadir dalam musyawarah tersebut. "Pokoknya hampir sama kayak Pilpres, atau Pilbub," ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Rengasdengklok Selatan, Darim berharap, musyawarah pemilihan anggota BPD tersebut dapat melahirkan anggota BPD yang bersinergi dengan pemerintah desa. "Sinergitas BPD dan perangkat desa sangat dibutuhkan untuk menbangun desa," pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template