Pemdes Pucung Disemprot Apdesi, Ada Apa Nih ? - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemdes Pucung Disemprot Apdesi, Ada Apa Nih ?

Pemdes Pucung Disemprot Apdesi, Ada Apa Nih ?

Written By Admin Raka on Senin, 23 Juli 2018 | 15.00.00

KOTABARU, RAKA - Sejak 2015 lalu Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) langsung dikucurkan ke desa dengan program yang disebut dengan dana desa. Besarnya anggaran yang masuk ke pemerintahan desa itu harusnya dibuka secara transparan agar tidak adanya penyimpangan.

Tapi ternyata masih banyak desa yang menyatakan anggaran tersebut tidak boleh dipublikasikan kepada masyarakat umum dengan dalih khawatir disalah gunakan. Padahal menjadi keharusan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi sejelas-jelasnya terkait angaran yang masuk ke desa.
Salah satu desa yang enggan memberikan informasi terkait rincian penggunaan anggaran dana desa adalah Desa Pucung, Kecamatan Kotabaru. Dengan ditutup-tutupinya anggaran tersebut membuat masyarakat bertanya-tanya, realisasi anggarannya sesuai dengan aturan yang ada atau tidak.

Alex Sukardi, Sekretaris Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Karawang mengatakan, transparansi anggaran merupakan ruh segala keuangan desa, termasuk dana desa. Dia tidak membenarkan jika ada salah satu Sekdes yang mengatakan bahwa dana desa tidak bisa dipublikasikan. "Tidak benar (menutupi dana desa), mungkin Sekdes itu salah menyerap informasi," kata Alex, saat dihubungi Radar Karawang, Minggu (22/7).

Alex juga menjelaskan, yang tidak boleh itu memberikan salinan RAB dan SPJ, jika tentang besaran, volume dan lokasi kegiatan justru harus dipublikasikan. "Saya ikut juga rapatnya waktu itu," tegasnya.

sementara Dedi Setiadi, Camat Kotabaru, sampai berita ini diterbitkan tidak memberikan tanggapan meski sudah dihubungi melalui ponselnya. (cr2)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template