Pembangunan Kereta Api Cepat Ditunda - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pembangunan Kereta Api Cepat Ditunda

Pembangunan Kereta Api Cepat Ditunda

Written By Admin Raka on Rabu, 04 Juli 2018 | 16.30.00

KARAWANG, RAKA -  Pembangunan kereta api cepat Jakarta - Bandung mengalami penundaan dari rencana tahun 2019 menjadi tahun 2021. Penundaan ini diduga akibat pembebasan lahan yang akan dijadikan jalur lintasan kereta belum seluruhnya rampung.

Jalur kereta cepat yang akan melintasi Karawang lebih banyak menggunakan lahan hutan dan lahan milik industri yang merupakan daerah resapan air. Penundaan ini akan dimanfaatkan oleh Pemkab Karawang untuk meminta pengelola kereta cepat PT  Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) untuk memperhatikan daya resapan air. "Kita dapat kabar dari pemerintah pusat, jika pembangunan kereta cepat mengalami rescedule dari tahun 2019 menjadi 2021. Kita tidak tahu apa alasannya, tapi mungkin karena proses pembebasan lahan belum selesai seluruhnya. Ini juga kesempatan buat kita pemerintah daerah mengajukan permohonan kepada PT. KCIC untuk memperhatikan daya resapan air disepanjang jalur kereta karena daerah tersebut merupakan daerah resapan air untuk menangkal banjir di Karawang," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Karawang, Eka Sanatha, Selasa (3/7).

Eka mengaku, tidak mengikuti sengketa hukum antara lima perusahaan industri dengan PT KCIC di Pengadilan Negeri Karawang terkait dengan ganti rugi pembebasan lahan. Namun dia mengakui belum seluruhnya lahan untuk jalur kereta cepat di Karawang selesai dibebaskan. "Kalau soal itu kita tidak mencampurinya karena urusan pembebasan lahan dan ganti rugi langsung ditangani oleh PT. KCIC. Tapi sejauh ini yang kita ketahui memang pembebasan lahan belum selesai," paparnya. (asy)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template