Pelayanan Puskesmas Minta Ditingkatkan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pelayanan Puskesmas Minta Ditingkatkan

Pelayanan Puskesmas Minta Ditingkatkan

Written By Admin Raka on Jumat, 13 Juli 2018 | 15.30.00

CIAMPEL, RAKA - Berada di wilayah perkampungan yang dekat dengan industri merupakan ancaman bagi kesehatan warga Ciampel. Oleh karenanya, Puskesmas harus terus meningkatkan pelayananya kepercayaan warga untuk berobat di Puskesmas bisa lebih tinggi lagi.

Hal itu disampaikan oleh tokoh pemuda Ciampel Zenal Abidin saat ditanya soal pelayanan kesehatan di wilayah Ciampel. Menurutnya, warga akan berbondong-bondong mendatangi Puskesmas jika fasilitas dan tenaga medisnya memadai. "Kalo untuk warga biasa memang lebih memilih berobat di Puskesmas. Tapi bagaimana dengan para pendatang yang bekerja di Ciampel, mereka lebih memilih berobat ke Klinik atau rumah sakit langsung," ujar Zenal yang merupakan warga Desa Mulyasejati.
Menurutnya, bukan hanya di Ciampel, Puskesmas yang ada di Kabupaten Karawang juga mayoritas kekurangan tenaga ahli. Terutama tenaga apoteker dan yang lainnya. Hal itu yang membuat kenapa Puskesmas tidak dilirik oleh kalangan menengah atas. "Jadi memang harus diperhatikan ini oleh pemerintah," ujarnya.

Kepala UPTD Puskesmas Ciampel, Asep Sunarya, juga pernah menyampaikan, sampai saat ini tidak banyak masyarakat yang berprofesi sebagai karyawan di perusahaan yang ada di Ciampel melakukan pengobatan di Puskesmas. Padahal kata dia, para karyawan juga berhak menikmati pelayanan kesehatan. "Kalau masyarakat biasa seperti ibu rumah tangga dan petani mereka sering berobat kesini, tapi untuk mereka yang berstatus karyawan jarang," ucapnya.

Meski dalam setiap perusahaan menyediakan klinik kesehatan bagi karayawannya, namun tetap saja peran klinik di sebuah perusahaan hanya sebatas pengobatan sementara. Berbeda dengan pengobatan dan pelayanan yang disediakan di puskesmas. "Memang tidak semua perusahaan, tapi kebanyakan mereka memilih berobat ke rumah sakit dibandingkan ke puskesmas," ungkapnya.

Padahal, tambah Asep, jika dilihat dari berbagai fasilitas yang ada di Puskesmas Ciampel, itu sudah mempuni dan layak memberikan pelayanan yang terbaik bagi setiap pasien maupun masyarakat yang sakit. Jangan sampai kata dia, dengan keberadaan Puskesmas di bidang ksehatan tidak dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat. "Kita juga minta kerjasamanya kepada setiap perusahaan untuk penanganan terkait pengobatan bisa lebih lanjut di puskesmas, toh klinik di perusahaan hanya sebatas penangan pertama saja," tuturnya. (zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template