Pelajar Mesti Tahu Bahaya Narkoba - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pelajar Mesti Tahu Bahaya Narkoba

Pelajar Mesti Tahu Bahaya Narkoba

Written By Admin Raka on Minggu, 22 Juli 2018 | 12.30.00

PURWAKARTA, RAKA- Satuan Reserse Narkoba Polres Purwakarta terus konsisten menggelar sosialisasi pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) di sejumlah sekolah di Purwakarta. Dalam satu pekan terakhir, tak kurang dari 15 sekolah disasar guna menekan peredaran barang terlarang tersebut.

Kasat Narkoba Polres Purwakarta, AKP Heri Nurcahyo, mengatakan, sosialisasi ini digelar berbarengan dengan kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS). “Kegiatan tersebut merupakan program penanaman karakter kepada siswa. Tujuan dari kegiatan ini, agar siswa mengetahui cara mencegah diri dari bahaya narkoba,” ujar Heri, saat ditemui di ruangan kerjanya, Jumat (20/7).

Menurutnya, masalah penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainya (NAPZA), merupakan masalah yang sangat kompleks. “Menangani masalah narkoba memerlukan upaya penanggulangan secara komprehensif dengan melibatkan kerja sama multidisipliner, multisektor, dan peran serta masyarakat secara aktif yang dilaksanakan secara berkesinambungan, konsekuen, dan konsisten,” ungkapnya.

Jenis narkoba, kata Heri, bisa sintesis, semi sintesis seperti ganja, pil dan jenis lainnya. Narkoba sistem kerjanya merusak sistem saraf pusat. Narkoba golongan 1 digunakan untuk dokter bedah, jenisnya sangat berbahaya. “Akibat dari penggunaan narkoba, adalah merusak fungsi organ tubuh, merusak mulut, gigi (ompong), hidung, pencernaan, muka, semua organ tubuh menjadi tidak normal. Pengguna narkoba akan berada pada tiga kondisi yakni, depresi, stimulan dan halusinasi,” jelasnya.
Maka dari itu, kata Heri, satu kampanye yakni hindari narkoba. Untuk yang sudah pencandu narkoba dilakukan rehabilitasi melalui BNN. “Ingat, jangan coba-coba gunakan narkoba. Narkoba bisa dihindari dengan iman dan mawas diri dari pergaulan negatif,” pungkasnya. (gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template