Parah, 20 Puskesmas di Karawang Belum Punya Ambulans - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Parah, 20 Puskesmas di Karawang Belum Punya Ambulans

Parah, 20 Puskesmas di Karawang Belum Punya Ambulans

Written By Admin Raka on Sabtu, 21 Juli 2018 | 16.00.00

PURWASARI, RAKA - Meski Kabupaten Karawang dipimpin oleh seorang dokter ternyata tidak menjadi jaminan bidang kesehatan lebih diperhatikan. Pasalnya dari 50 Puskesmas yang ada di Karawang ada 20 Puskesmas lagi yang belum mempunyai mobil ambulans.

Puskesmas Purwasari merupakan salah satu Puskesmas yang belum memiliki mobil ambulans tersebut. Padahal keberadaan ambulans bagi Puskesmas merupakan sangat penting.
"Aneh, Puskesmaskan punya pemerintah, kok belum punya ambulans," ujar Agus Ridwan, Ketua Paguyuban Purwasari Bersatu (Puber), kepada Radar Karwang, Jumat (20/7).

Dia menyampaikan, yang menjadi indikator indeks pembangunan manusia (IPM) adalah pendidikan, kesehatan dan ekonomi bisa berkembang dengan baik. Kalau Puskesmas saja yang notabene pusat kesehatan bagi masyarakat belum memiliki sarana yang lengkap maka angka kesehatan warga Karawang tentu dipertanyakan. "Kalau ada kejadian apa-apa yang mendadak harus dirujuk ke rumah sakit pakai apa coba," ujarnya.

Belum lagi, tambah Agus, di Karawang belum semua Puskesmas membuka layanan rawat inap. Sedangkan mayoritas warga Karawang yang masuk BPJS PBI fasilitas kesehatan pertamanya adalah Puskesmas. "Jadi bidang kesehatan saja masih jauh dari harapan. Apalagi bidang lain," ujar Agus sambil terheran-heran.

Kepala Puskesmas Purwasari Iin Indriati mengakui bahwa Puskesmas yang dipimpinnya belum memiliki mobil ambulans. Selama ini jika ada sesuatu yang urgent menggunakan mobil Puskesmas Keliling, itu pun di dalamnya kurang lengkap. "Iyah, kami belum punya mobil ambulans. Di Karawang kalau nggak salah ada 20 Puskesmas yang belum punya ambulans," akunya.

Dia juga berharap, pemerintah daerah untuk bisa memenuhi keinginan masyarakat terkait mobil ambulans tersebut. Karena memang untuk lebih mengoptimalkan pelayanan Puskesmas. "Mudah-mudahan dalam waktu dekat kami dapat mobil ambulans," ujarnya.

Sementara Sekretaris Dinas Kesehatan Karawang, Nurdin Hidayat, saat dikonfirmasi melalui ponsel terkait persoalan tersebut, sampai berita ini diterbitkan belum memberikan tanggapan. (zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template