Pangkas Birokrasi Berlelit - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pangkas Birokrasi Berlelit

Pangkas Birokrasi Berlelit

Written By Admin Raka on Selasa, 17 Juli 2018 | 15.15.00

KARAWANG, RAKA - Pelayanan program sambang desa di setiap Kecamatan diminta untuk tetap difungsikan. Alasannya, selain dinilai efektif menjaring warga yang belum melakukan perekaman KTP elektronik program tersebut juga memangkas birokrasi berbelit kepengurusan administrasi kependudukan.

Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Disdukcatpil Karawang Lilis Jayasutisna menyampaikan itu kepada Radar Karawang, senin (16/7). "Alhamdulillah, program pelayanan sambang desa ke setiap desa sampai sekarang masih terus berjalan," katanya di ruang kerjanya sebelum melakukan upacara pagi.

Ditambahkan Kata Lilis, hasil laporan yang diperolehnya dari operator perekam kartu tanda penduduk (KTP) dan petugas pembuat kartu keluarga (KK) disetiap kecamatan, sampai sekarang masih ada warga yang melakukan perekaman. Kendati demikian ia menyesalkan adanya informasi ada kecamatan yang sudah malas-malasan melayani perekaman. "Ada yang masih aktif dan ada juga yang tidak, kita setiap bulan lakukan teguran," katanya.

Sebab dari hasil yang diperoleh petugas, kata Lilis wajib hukumnya untuk melaporkan hasil kinerjanya setiap bulan, baik itu dalam pembuatan kartu keluarga maupun perekaman KTP. "Kita minta jika petugas di kecamatan untuk aktif lagi melayani masyarakat di wilayahnya masing-masing," tandasnya.

Lilis juga mengatakan selama periode April tahun 2017 ribuan KTP Elektronik sudah tercetak meski diakuinya belum secara keseluruhan. Namun dia menadaskan semua KTP yang tercetak sudah didistribusikan kepada pemiliknya masing-msing. "Kita sudah cetak KTP sebanyak 4.010 lembar. Hanya saja, belum semuanya kebagian pada periode April 2017," katanya.

Lilis juga mengatakan ada beberapa wilayah yang KTP warga nya sudah jadi tetapi belum diambil. Untuk itu Lilis mengaku akan terus melakukan komunikasi dengan kasi pelayanan umum disetiap kecamatan untuk dapat mengambil KTP warganya. Sementara bagi kecamatan yang KTP warganya masih proses pencetakan Lilis mengatakan akan terus melakukan pemantauan. "Sampai sekarang masih delapan kecamatan yang KTP Warganya masih pencetakan," katanya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template