Panen Cengkeh, Petani Rugi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Panen Cengkeh, Petani Rugi

Panen Cengkeh, Petani Rugi

Written By Admin Raka on Jumat, 20 Juli 2018 | 13.15.00

PURWAKATA, RAKA - Meski telah memasuki masa panen, namun para petani cengkeh di Kabupaten Purwakarta malah kelimpungan. Penyebabnya, harga cengkeh di pasaran kini tengah merosot tajam. Padahal para petani sebelumnya telah memprediksi bakal meraup untung.

Seperti diketahui, sebagian wilayah Kabupaten Purwakarta merupakan daerah dataran tinggi atau pegunungan, yang banyak ditumbuhi tanaman cengkeh. Diantaranya Kecamatan Wanayasa dan Kiarapedes. Selama ini, masyarakat di wilayah tersebut banyak yang mengandalkan penghasilan dari hasil tanaman campuran membuat rokok tersebut.

Wawan (52) salah seorang petani cengkeh asal Kampung Margasari, Desa Garokgek, Kecamatan Kiarapedes, mengatakan, saat ini harga cengkeh dalam posisi kering berada di kisaran Rp 88 ribu per kilogram. Padahal, tahun lalu harganya mencapai Rp 120 ribu per kilogram.  "Panen tahun ini harga cengkeh di bawah Rp 100 ribu per kilogram dalam kondisi kering. Padahal, tahun lalu bisa sampai Rp 120 ribu, bahkan lebih," ujar Wawan.

Namun demikian, Wawan tak bisa memastikan apa yang menjadi penyebab merosotnya harga cengkeh ini. Dengan kondisi tersebut, kata dia, jelas membuat petani gigit jari, lantaran tak bisa menikmati harga mahal. "Ya terpaksa kami jual meskipun harganya murah. Tapi, bagi petani bermodal besar, mungkin cengkeh hasil panennya tak langsung dijual. Melainkan disimpan dulu setelah harganya bagus baru dilepas ke pasaran," jelas dia.

Wawan menjelaskan, mayoritas warga di wilayahnya memiliki pohon cengkeh. Setiap pohon yang usia remaja atau umurnya antara 15-20 tahun, baru bisa menghasilkan cengkeh. Dalam setiap pohon hasilnya variatif. Yakni, antara 20 sampai 30 kilogram per pohonnya. "Kalau pohonnya yang dewasa usia hasilnya bisa tembus satu kwintal dalam sekali panen. Hampir seluruh warga memiliki pohon cengkeh. Mungkin, rempah-rempah ini menjadi andalan penghasilan warga kami," ucapnya.

Dia menambahkan, untuk menghasilkan cengkeh kualitas bagus, petani harus menjemurnya terlebih dahulu dibawah sinar matahari yang sempurna. Di wilayah ini biasanya petani menjemurnya antara empat sampai lima hari. Sedangkan, di wilayah yang suhunya lebih dingin, bisa sampai satu pekan. (gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template