Ngeri, Panitia Pilkades Cikampek Disumpah Alquran - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ngeri, Panitia Pilkades Cikampek Disumpah Alquran

Ngeri, Panitia Pilkades Cikampek Disumpah Alquran

Written By Admin Raka on Senin, 16 Juli 2018 | 14.30.00

CIKAMPEK, RAKA - Menjelang pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 11 November 2018 mendatang, 67 desa di Kabupaten Karawang mulai memasuki tahapan pembentukan panitia pilkades. Demikian juga yang dilakukan oleh dua desa yang ada di wilayah Kecamatan Cikampek yaitu Desa Cikampek Timur dan Kalihurip.

Syueb Hidayat Sukirman, Camat Cikampek mengatakan, di wilayah Kecamatan Cikampek ada dua desa yang akan melaksanakan Pilkades tahun 2018 ini. Dua desa yang dimaksud ialah Desa Kalihurip dan Desa Cikampek Timur. Karena di dua desa itu akan menyelenggarakan Pilkades, maka akan diadakan pembentukan panitia Pilkades dan panitia pembentukan BPD baru. "Kalau pembentukan BPD untuk semua desa, sedangkan panitia Pilkades hanya di dua desa saja," ujar Syueb kepada Radar Karawang.

H. Hendy Suharyadi, Kasi Pemerintahan Kecamatan Cikampek juga menjelaskan, pembentukan panitia Pilkades di Desa Kalihurip dan Desa Cikampek Timur dilaksanakan pada tanggal 14 Juli 2018. Adapun yang membentuk panitia Pilkades adalah Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang saat ini masih menjabat. "Yang membentuk panitianya masih BPD lama, bahkan sampai nanti pilkadespun masih BPD lama," ujar Hendi.

Menurutnya, proses pembentukan panitia Pilkades dilakukan oleh BPD dengan cara mengundang tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda. "Setelah diundang oleh BPD maka dilakukan pembentukan panitia Pilkades sebanyak 11 orang," tambahnya.

Hendi menjelaskan, dari 11 orang panitia itu 3 orang diantaranya harus perangkat desa. "Tiga orang dari perangkat desa dan delapan orang lainnya dari tokoh agama dan tokoh masyarakat," jelasnya.
Masih dikatakan Hendi, anggaran untuk Pilkades itu dibiayai oleh Pemerintah Daerah (Pemda) dari APBD. Adapun besaran anggarannya tergantung dari jumlah hak pilih yang ada di desa tersebut. "Anggarannya nanti tergantung berapa hak pilihnya," ujarnya.

Sementara itu, pada hari Sabtu 14 Juli keamrin, Desa Cikampek Timur dan Kalihurip melakukan pembentukan panitia pilkades.

Suhermawan, Ketua BPD Cikampek Timur menyampaikan, pihaknya melakukan proses pembentukan panitia Pilkades berdasarkan peraturan bupati. Pembentukan panitia Pilkades itu dihadiri oleh tokoh masyarakat, tokoh agama bahkan dari pihak Kecamatan Cikampek. Ia telah membentuk panitia Pilkades sebanyak 11 orang yang terdiri dari tiga orang perangkat desa dan delapan orang tokoh masyarakat dari masing-masing dusun. Adapun ketua panitia yang terpilih berdasarkan kesepakatan bersama ialah Hendi Herkatatmaja. "Saya selalu mewanti-wanti kepada panitia terpilih untuk bersikap netral dalam proses Pilkades nanti," tegasnya.

Hendi Herkatatmaja, Ketua Panitia Pilkades terpilih mengatakan, akan menjaga netralitas kepanitian dalam proses Pilkades di Desa Cikampek Timur. Hendi juga akan bertindak tegas dalam menjalankan amanahnya sebagai ketua panitia pilkades, ia bahkan tidak akan segan untuk melaporkan kepada pihak yang berwenang apabila menemukan praktik politik uang yang dilakukan oleh para calon kepala desa. "Saya sangat tidak sepakat dengan adanya politik uang, saya khawatir jika nanti sudah terpilih sebagai kepala desa malah fokus untuk ngembaliin uangnya yang sudah banyak dikeluarkan pada saat kampanye," paparnya.

Di tempat yang berbeda, Yaya Sukarya Ketua BPD Desa Kalihurip juga menjelaskan, pihaknya telah melaksanakan proses pemilihan panitia Pilkades yang menghasilkan J Suherman sebagai ketua panitia terpilih. "Saya percaya terhadap pak Suherman, ia sudah berpengalaman menjadi ketua panitia Pilkades, sudah tiga kali," tandasnya. (cr2)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template