Naga Hitam Ajak Warga Baca Buku - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Naga Hitam Ajak Warga Baca Buku

Naga Hitam Ajak Warga Baca Buku

Written By Admin Raka on Senin, 16 Juli 2018 | 17.00.00

Mahasiswa Baca Buku Teori Evolusi

KARAWANG, RAKA - Perpustakaan jalanan Keluarga Besar Naga Hitam mengajak masyarakat untuk membaca buku gratis. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan minat baca masyarakat Karawang yang dinilai masih rendah. Hanya saja, untuk itupun Naga Hitam perlu partisipasi warga peduli menyumbangkan buku tak terpakai guna menambah variasi buku-buku yang saat ini dimiliki perpustakaan.

"Kita ingin memberikan yang bermanfaat bagi semua orang melalui kegiatan ini. Itu alasan kita memfasilitasi baca buku gratis seperti sekarang ini," terang anggota perpustakaan jalanan keluarga besar naga hitam Nurkholil (21) kepada Radar Karawang, Minggu (15/7). Ratusan buku bertemakan agama, kamus, ilmu pengetahuan sosial dan ilmu pengetahuan disajikan perpustakaan jalan itu di sekitar Taman I Love Karawang.

Kehadiran naga hitam ini juga diharapkan bisa menjadi inspirasi kelompok maupun organisasi lain dalam kegiatan car free day (CFD) agar lebih bermanfaat. Naga hitam sendiri hadir sebagai perpustakaan jalan berkat gagasan dan kepedulian mahasiswa terhadap mahalnya harga buku saat ini. "Selama sebulan ini kami melakukan gerakan baca buku gratis di tempat-tempat umum. Kegiatan itu juga kami lakukan sebagai upaya menggalang warga peduli menyumbangkan buku-buku tidak terpakainya agar bisa dimanfaatkan," ucap Nurkholil. 

Masih dikatakan Nurkholil, dengan setelah sebulan menggelar kegiatan serupa dia melihat antusiasme masyarakat ternyata tinggi untuk membaca. Cuma karena tidak punya uang untuk membeli buku mereka jadi tidak bisa membaca.  "CFD ini jadi lokasi bagus untuk melalukan gerakan membaca. Alhamdulillah respon masyarakat juga sudah baik," katanya.

Anggota Keluarga Besar Naga Hitam, terang Nurkholil saat ini jumlahnya sudah mencapai 25 orang aktif. Pihaknya sampai sekarang terus berusaha menambah buku-buku bacaanya untuk bisa dibaca orang. "Kalau buku kita tidak perjual belikan. Ini hanya bentuk kepedulian untuk memfasilitasi masyarakat membaca," katanya seraya menyebutkan jika perpustakaannya menampung buku-buku jenis apapun untuk dapat memberikan referensi kepada masyarakat lebih banyak lagi.

Pembaca buku perpustakaan gratis M. Ichwan Hadi Fadilah (21) menyampaikan jika dirinya mengapresiasi gerakan membaca yang dilakukan Keluarga Besar Naga Hitam di CFD. "Saya apresisasi sekali mengingat di era gadget sekarang ini serba gampang, tetapi kok ada yang tetap berusaha untuk menyajikan buku agar bisa dibaca masyarakat. Ini bagus sekali dan patut ditiru organisasi lain untuk menyemarakkan CFD agar lebih bermanfaat," ujar anak muda yang juga mahasiswa Universitas Buana Perjuangan ini yang mengaku tadi dia membaca buku teori evolusi. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template