Mulai Libatkan Masyarakat untuk Mengelola Sampah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Mulai Libatkan Masyarakat untuk Mengelola Sampah

Mulai Libatkan Masyarakat untuk Mengelola Sampah

Written By Admin Raka on Minggu, 08 Juli 2018 | 18.00.00

KARAWANG, RAKA - Kebijakan pemerintah tentang daur ulang sampah perlu diterapkan. Kebijakan ini merupakan program dengan peraturan ketat yang mewajibkan masyarakat melakukan daur ulang sampah tanpa terkecuali.

Hal itu diungkapkan Pemerhati Masalah Sampah Dian Varima, melalui artikel, beberapa waktu lalu. Untuk merealisasi itu, menurut Dian, perlu kerja berbagai pihak terutama stakeholder terkait persoalan tersebut. "Kegiatan ini idealnya melibatkan pihak swasta yang berlisensi untuk melakukan pengumpulan sampah layak daur ulang ke tiap rumah masyarakat," ucap Dian.

Begitupun untuk kantor, sekolah, pusat perbelanjaan, kawasan industri, disediakan fasilitas penyimpananan sampah daur ulang. "Hal penting yang perlu dilakukan adalah pemerintah daerah memperkenalkan program daur ulang kepada masyarakat melalui kampanye bila perlu menetapkan hari daur ulang, minggu bersih dan hijau sehingga kesadaran masyarakat mengenai daur ulang tetap dipertahankan," tambah Dian.

Sementara, terang Dian, jenis sampah untuk didaur ulang bisa berupa kertas, kaleng minuman dan makanan, botol kaca, botol plastik, hingga kardus dan karton dan bahan tekstil. Selain itu pemerintah wajib menyediakan perusahaan daur ulang. "Pemerintah memang berperan penting agar program daur ini berjalan lancar dan berkelanjutan," tegas Dian.

Harus diakui selama ini sistem pengelolaan sampah masih bersifat informal dilakukan orang per orang, seperti pemulung yang sebagian besar dari rakyat miskin untuk mencari nafkah. Padahal ketatnya peraturan dan kontrol dari pemerintah, kecukupan sumber daya dan privatisasi memastikan pembuangan dan pengelolaan sampah yang tepat dan efisien. "Penegakkan hukuman yang tegas juga menjadi keberhasilan pengelolaan sampah," ucapnya. (ari)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template