Mesin EDC Rusak, Penyaluran BPNT Terhambat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Mesin EDC Rusak, Penyaluran BPNT Terhambat

Mesin EDC Rusak, Penyaluran BPNT Terhambat

Written By Admin Raka on Senin, 09 Juli 2018 | 14.45.00

KLARI, RAKA - Akhirnya, setelah lama menunggu, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di wilayah Klari mulai menerima bantuan dari program tersebut. Namun sangat disayangkan, dalam proses pencairan sering ditemui kerusakan mesin Electronic Data Capture (EDC).

Toyib Maulana, Staf Kesos Kecamatan Klari mengaku terus memantau proses pencairan program BPNT tersebut. Pasalnya karena program tersebut merupakan program baru, maka dikhawatirkan ada persoalan yang harus diselesaikan oleh pihak Kesos Kecamatan Klari. "Alhamdulillah pada hari kamis BPNT sudah turun di dua desa yaitu Cibalongsari dan Gintung Kerta," ujar Toyib, kepada Radar Karawang, baru-baru ini.

Agen yang mencarikan program BPNT tersebut adalah e-Warong. Adapun jenis barang yang direncanakan menjadi program BPNT adalah berupa telur, minyak, beras dan lain sebagainya. "Tapi untuk pertama penyaluran sih baru beras saja yang turun," tambahnya.

Penyaluran BPNT perharinya hanya satu titik, namun selama tiga bulan pelaksanaan program BPNT terpantau lancar, karena kecamatan terus memantau pendistribusian BPNT ke desa-desa di Kecamatan Klari. Meski demikian, saat penyaluran BPNT dilakukan ternyata kerap ditemukan masalah oleh pihak penyalur. "Biasanya sih masalah di lapangan itu alat Electronic Data Capture (EDC) nya kadang suka error, jadi terpaksa harus nunggu sampai alat EDC bener dulu, " ujarnya.

Masalah pada alat EDC bukan masalah besar karena setelah alat EDC kembali berfungsi maka penyaluran BPNT  bisa berjalan lancar. E-warong yang tersebar untuk penyaluran BPNT dipengaruhi oleh banyaknya jumlah KKS di tempat tersebut. Karena e-Warong ditentukan titiknya dengan melihat dari jumlah pembagiannya kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BPNT itu sendiri. "Karena untuk e-warong sendiri tergantung banyaknya KKS, soalnya lihat jumlah pembagiannya dulu," pungkasnya. (cr1)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template