Mengabdi 11 Tahun, Gaji Cuma Rp 612 Ribu - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Mengabdi 11 Tahun, Gaji Cuma Rp 612 Ribu

Mengabdi 11 Tahun, Gaji Cuma Rp 612 Ribu

Written By Admin Raka on Kamis, 05 Juli 2018 | 12.20.00

Guru Honorer di Pangkalan Terlilit Utang Koperasi 

KARAWANG, RAKA - Pahlawan tanpa tanda jasa adalah gelar mulia yang disematkan pada guru. Guru yang mendidik dan mengajar generasi bangsa. Guru pula yang mempersiapkan pemegang estafet kepemimpinan negara dan bangsa. Betapa penting dan strategisnya peran guru, karenanya penghargaan untuk guru sangatlah penting.

Namun, sungguh miris nasib guru di negeri ini, terutama guru honorer. Jumlah guru honorer di Indonesia terbilang sangat banyak termasuk di wilayah Kecamatan Pangkalan dan Tegalwaru. Dengan gaji yang sangat tidak sepadan dengan kinerjanya, bahkan terpaksa meminjam uang ke koperasi agar dapur tetap ngebul. Karena sudah menjadi rahasia umum, jika gaji guru honorer jauh dari kata cukup.

Tengok saja Eva Fazriah (31), guru honorer Pendidikan Agama Islam yang mengabdikan hidupnya selama 11 tahun di dunia pendidikan. Meski bergaji Rp 612 ribu dipotong koperasi Rp 300 ribu, dia tetap gigih mengajar.

Tidak ada yang lebih diharapkan oleh Eva, selain bisa menjadi pegawai negeri sipil. Dirinya berharap kepada pemerintah agar nasib guru honorer bisa diperhatikan. "Saya bangga masih bisa mengabdikan diri menjadi tenaga pendidik," terangnya.

Dirinya pun mengaku menjadi guru adalah salah satu amanah dari almarhum ayahnya yang juga sebagai tenaga pendidik. Darah pendidik juga bukan saja mengalir dari ayahnya, tapi hampir separuh keluarga besarnya adalah guru di tingkat sekolah dasar hingga SMA. Bahkan ada pula yang menjadi dosen di salah satu universitas swasta terkemuka di Kabupaten Karawang.

Eva berharap agar tenaga pendidik yang belum dapat pengakuan tertulis oleh negara, bisa mendapatkan pengakuan yang jelas sehingga berdampak kepada upah. "Guru mempunyai sifat yang mulia, makanya harus mendapatkan kenyamanan sehingga saat mengajar bisa nyaman juga," ungkapnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template