Mendidik Siswa Jadi Pribadi Bertanggung Jawab - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Mendidik Siswa Jadi Pribadi Bertanggung Jawab

Mendidik Siswa Jadi Pribadi Bertanggung Jawab

Written By Admin Raka on Jumat, 27 Juli 2018 | 14.30.00

TEGALWARU, RAKA - Membiasakan siswa melakukan kegiatan positif sudah menjadi agenda program yang harus dilakukan. Hal itu diperlukan sebagai upaya membatasi siswa agar tidak melakukan kegiatan mubazir dan tidak bermanfaat. Apalagi dewasa ini siswa lebih cenderung melakukan kegiatan hura-hura. Jadi tidak heran jika hampir semua sekolah pun berusaha membatasi dengan menggiatkan pelajaran ekstrakurikuler.

Demikian pun dilakukan SMP PGRI Tegalwaru terhadap siswanya, sekolah itu melakukannya dengan menggiatkan ekstrakurikuler marching band. Melalui ekstrakurikuler itu pihak sekolah bukan saja membatasi kegiatan negatif siswa tetapi juga membentuk siswanya menjadi siswa-siswa profesional dan bertanggung jawab. Kendati demikian perlu digaris bawahi kalau semua kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan lebih sebagai pusat untuk menempa kebersahajaan, kedisiplinan, kesabaran, keteraturan, ketertiban, kebersamaan serta kepemimpinan berbasis moralitas, yang disajikan secara nyaman dan menghibur dalam bahasa sugestif yang mudah dicerna oleh siswa. 

"Pembelajaran marching band bagi siswa diproyeksikan ke depan dapat menumbuhkembangkankan minat sekaligus rasa bangga diantara para siswa terhadap ekstrakurikuler marching band," ucap Kepala Sekolah SMP PGRI Tegalwaru H. Ujang Sahro Widodo. Melalui kegiatan itu Ujang berharap tata dan nilai perilaku keseharian siswa bisa tercermin dalam budaya yang santun, baik santun kepada agama, diri sendiri, keluarga, guru serta masyarakatnya.

Bukan cuma itu, melalui pelajaran marching band ini Ujang mencoba membuka mata siswa kalau kegiatan ekstrakurikuler itu bukan sekedar kegiatan hura-hura tetapi lebih menyentuh kepada kesadaran siswa siswa, orang tua dan pihak sekolah serta stakeholder, bahwa dibalik glamouritas marching band itu tersirat kekuatan dan pesan sejarah budaya serta moralitas budaya bangsa. "Ekstra kurikuler marching band merupakan bagian dari pendidikan jasmani dan pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari pendidikan keseluruhan," ucapnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template