Mendidik Masyarakat Lewat Perpustakaan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Mendidik Masyarakat Lewat Perpustakaan

Mendidik Masyarakat Lewat Perpustakaan

Written By Admin Raka on Kamis, 26 Juli 2018 | 14.30.00

TELUKJAMBE BARAT, RAKA - Sistem pemerintahan di Indonesia mempunyai unit organisasi pemerintahan yang terendah, yaitu desa dan kelurahan. Dengan dikeluarkannya Keputusan Menteri Dalam Negeri (Kemendagri) dan Otonomi Daerah Nomor 3 Tahun 2001 tentang Perpustakaan Desa atau Kelurahan, perlu adanya perhatian khusus dalam upaya membangun dan mengembangkannya.

Demikian dengan yang digagas pengurus Badan Permusyawatan Desa (BPD) Desa Parungsari Dodo Swanda. Bekerjasama dengan Pemerintah Desa Parungsari, Telukjambe Barat, lembaga desa itu membukan perpustakaan desa. Secara Kebetulan kehadiran Mahasiswa KKN Tematik Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang menambah semarak kegiatan itu.

Dikatakan Dodo Perpustakaan Desa atau Kelurahan dikelola, dibina dan dikembangkan bersama antara pemerintah desa atau kelurahan dengan segenap kelembagaan desa yang ada dan seluruh lapisan masyarakat desa atau kelurahan setempat. Sedang tujuan penyelenggaraan Perpustakaan Desa atau Kelurahan sebagai penunjang proses kegiatan pendidikan. "Perpustakaan desa harus bisa menyediakan buku-buku pengetahuan, maupun keterampilan untuk mendukung keberhasilan kegiatan masyarakat diberbagai bidang. Seperti pertanian, perikanan, pengolahan dan pemasaran," ucap Dodo.

Dodo pun berharap masyarakat kembali bisa menggalakkan minat baca masyarakat dengan memanfaatkan waktu luang untuk membaca agar tercipta masyarakat yang kreatif, dinamis, produktif, dan mandiri. Juga menyimpan dan mendayagunakan berbagai dokumen budaya sebagai sumber informasi, penerangan, pembangunan, dan menambah wawasan pengetahuan masyarakat pedesaan. "Melalui perpustakaan ini kita berharap bisa mendidik masyarakat untuk memelihara dan memanfaatkan bahan perpustakaan secara tepat guna dan berhasil guna juga meningkatkan taraf hidup masyarakat Desa. Saya pun berharap sekali adanya perpustakaan bisa menjadi bagian terpenting dan juga bisa meningkatkan sumber daya manusia," paparnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template