Masyarakat Peduli Imunisasi Terbentuk - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Masyarakat Peduli Imunisasi Terbentuk

Masyarakat Peduli Imunisasi Terbentuk

Written By Admin Raka on Jumat, 13 Juli 2018 | 16.00.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap imunisasi Puskesmas Lemahabang, Kamis (12/7) membentuk Masyarakat Peduli Imunisasi (MPI). Agar target tersebut tercapai puskesmas melibatkan bukan saja pemerintah desa setempat tetapi juga tokoh pendidikan dan tokoh agama.

Kepala Puskesmas Lemahabang H Rasidi S.Km mengatakan MPI sekelmpok masyarakat yang dihimpun dan diorganisir yang mempunyai kepedulian terhadap pelaksanaan program imunisasi yang dilakukan tim kesehatan. "Program imunisasi ini penting diperhatikan, makannya ada peran serta masyarakat yang harus peduli kepada kesehatan anak melalui kesadaran massal imunisasi," tandas Rasidi.

Penbinaannya sendiri, terang Rasidi langsung dilakukan pejabat dinas kesehatan. Sedang supaya tugas dan fungsi MPI dapat terealisasi secara optimal keterlibatan tokoh-tokoh pun menjadi hal penting untuk dilakukan. "Kita melibatkan tokoh agama, tokoh masyarakat, pendidikan dan tokoh pemuda serta Muspika Kecamatan dengan tujuan untuk memudahkan pekerjaan," terang Rasidi.

Rasidi menambahkan, nantinya MPI ini Membantu penyebarluasan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya imunisasi, mengajak dan mendorong masyarakat yang masih memiliki bayi untuk getol datang ke posyandu melakukan imunisasi dasar lengkap sebelum usia 1 tahun, begitupun kepada anak-anak di sekolah. Karena, segala bentuk imunisasi yang masuk program jangan sampai ada yang tertinggal, baik  dasar seperti BCG, DPTHB, polio dan campak, maupun  Imunisasi lanjutan yaiti DPT, booster dan campak booster.

"Semoga saja, setelah dibentuk MPI ini ada peningkatan cakupan program imunisasi di puskesmas Lemahabang lebih baik lagi. Sehingga Tim MPI ini nanti bisa bekerja optimal dalam mensukseskan program imunisasi," tandasnya.

Camat Lemahabang, H Hamdani mengungkapkan, MPI dibentuk untuk merapikan efek tertinggalnya imunisasi bagi anak usia dasar maupun usia lanjutan. Tim kesehatan tidak bisa berjalan sendirian. Untuk itu perlu ada edukasi dan pembinaan juga dari MPI yang dibentuk agar selalu getol mendatangi Posyandu. Selain meyakinkan masyarakat dan anak-anak, bahwa semua jenis imunisasi itu tidak ada yang membahayakan, tapi justru menyehatkan dan menambah daya imun anak lebih sehat dan kuat.

Camat berharap, semuanya bisa bekerja optimal sukseskan kepedulian imunisasi ini. "Imunisasi ini penting buat daya tahan tubuh anak, MPI harus bisa yakinkan anak dan masyarakat untuk tidak tertinggal imunisasi," pesannya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template