Mahasiswa UBP KKN di Desa Wanasari - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Mahasiswa UBP KKN di Desa Wanasari

Mahasiswa UBP KKN di Desa Wanasari

Written By Admin Raka on Minggu, 15 Juli 2018 | 15.30.00

KARAWANG, RAKA- Sebagai kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pertama yang dilakukan oleh kampus Universitas Buana Perjuangan (UBP), mahasiswa di tempat di 4 kecamatan yang berada di Kabupaten Karawang, yakni Kecamatan Telukjambe Barat, Kecamatan Telukjambe Timur, Kecamatan Pangkalan, dan Kecamatan Ciampel.  KKN akan dilaksanakan selama 1 bulan lamanya dengan membawa visi dan misi yang nantinya akan diaplikasikan di masyarakat.

Menurut Koordinator Desa (Kordes) Wanasari, Kecamatan Telukjambe Barat, Khairul Fajar, program KKN tematik tahun 2018 yang di laksanakan di Desa Wanasari, berorientasi pada kebutuhan masyarakat, oleh karena itu, selain membantu program Pemerintah Kabupaten Karawang tentang rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) periode tahun 2016-2021. Maka dalam pelaksanaan KKN tematik 2018 dengan mebawa tema peningkatan partisipasi masyarakat. “Tema tersebut dimaksud, agar masyarakat dapat berperan aktif dalam ikut serta mempercepat program Pemerintah Kabupaten Karawang,” ujarnya, kepada Radar Karawang.

Mahasiswa yang duduk di Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial, dan Prodi Psikologi tersebut melanjutkan, adapun kegiatan yang sudah dilakukan diantaranya, ikut serta minggon desa. Tujuannya, dalam rangka pemetaan Desa Wanasari. Di dalam kegiatan tersebut, mahasiswa membuat tempat pembuangan sampah umum yang memang menjadi persoalan di desa tersebut. “Sedangkan kegiatan yang secepatnya akan di laksanakan yaitu, pembuatan penerangan di lingkungan desa yang memang dibutuhkan oleh masyarakat, selain itu memberikan penyuluhan tentang pentingnya kesehatan,” katanya.

Dirinya berharap,dengan adanya KKN di Desa Wanasari, mampu membantu persoalan dan permasalahan yang dihadapi masyarakat desa dan mampu memberi pengetahuan serta wawasan kepada masyarakat, guna peningkatan partisipasi masyarakat dalam kegiatan yang dapat membangun desanya sendiri. “Saya harap masyarakat bisa ikut serta dalam membangun desanya, karena bukan hanya kepala desa, campur tangan masyarakat pun sangat penting,” jelasnya.

Lebih lanjutnya, dalam pelaksanaan KKN ini dirinya beserta peserta KKN lainnya bisa membantu beberapa program desa yang mampu meningkatkan perkeonomian dan kepedulian masyarakat terhdapa lingkukngannya. “Mudah-mudahan kehadiran kita di desa ini bisa bermanfaat bagi desa maupun masyarakatnya,” pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template