Mahasiswa Bersihkan Sampah Dekat Puskesmas - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Mahasiswa Bersihkan Sampah Dekat Puskesmas

Mahasiswa Bersihkan Sampah Dekat Puskesmas

Written By Admin Raka on Sabtu, 07 Juli 2018 | 14.00.00

TELUKJAMBE BARAT, RAKA - Puluhan mahasiswa Universitas Buana Perjuangan (UBP) ambil bagian dalam kegiatan Jumat Bersih (Jumsih) yang dilakukan Puskesmas Telukjambe Barat. Kegiatan itu sekaligus upaya untuk mengingatkan masyarakat supaya menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Seperti dilakukan 30 mahasiswa UBP, Jumat (6/7), mereka menggandeng petugas puskesmas untuk membersihkan lingkungan tidak jauh dari puskesmas Telukjambe Barat. Kegiatan itu sendiri merupakan bagian dari agenda Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan mahasiswa di Kecamatan Telukjambe Barat.

Kepala Puskesmas Telukjambe Barat Hj. Nur Khoiriyah.SST menerangkan perguruan tinggi memiliki peran dan tanggung jawab dalam membangun dan menciptakan lingkungan dengan civitas yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Sebab, solusi terhadap permasalahan lingkungan bukan hanya persoalan yang mesti diselesaikan para pakar di bidang lingkungan, melainkan persoalan yang mesti dihadapi.

"Masalah lingkungan bukan hanya persoalan bagi wadah tertentu saja yang bergelut pada bidang kesehatan, tapi persoalan semua anak bangsa. Dan mahasiswa sebagai masyarakat yang terpelajar juga memberikan teladan yang baik dalam rangka membuat lingkungan yang baik dan sehat. Dan saya bangga kepada Mahasiswa UBP sekaligus apresiasi yang ikut perduli pada lingkungan termasuk di lingkungan Puskesmas Telukjambe Barat," terangnya.

Ia menambahkan, masyarakat berkarakter bukan hanya masyarakat yang peduli dengan persoalan politik dan ekonomi, namun masyarakat yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan yang sehat. “Karakter bangsa itu terkait dengan persoalan-persoalan yang kita alami setiap hari. Kepedulian terhadap lingkungan itu bagian penting kepedulian terhadap bangsa dan negara. Itu yang betul-betul kita gerakkan,” tambahnya.

Sementara Koordinator Mahasiswa UBP Karawang Nurdian Wibisono (19) menambahkan kegiatan itu merupakan serangkaian kegiatan Kuliah Kerja Nyata yang mereka lakukan. Diharapkan implementasinya bisa diaplikasi kepada bentuk yang aktual. Salah satunya di kegiatan kebersihan lingkungan. "Harapan kami selain melaksanakan sebuah kegiatan yang nyata sekaligus ajang silahturahmi antar lingkungan dimana kami melaksanakan KKN. Puskesmas merupakan rumah sehat yang banyak dikunjungi masyarakat sehingga agar warga nyaman maka kami ambil bagian dalam kegiatan Jumat bersih itu," ujarnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template