Lurah Geram Wilayahnya Jadi Tempat Buang Sampah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Lurah Geram Wilayahnya Jadi Tempat Buang Sampah

Lurah Geram Wilayahnya Jadi Tempat Buang Sampah

Written By Admin Raka on Sabtu, 07 Juli 2018 | 18.30.00

KARAWANG BARAT, RAKA - Selain sungai, lahan kosong juga menjadi tempat paling sering digunakan untuk membuang sampah sebagian masyarakat yang tingkat kesadaran kebersihannya masih rendah. Seperti terlihat di salah satu lokasi disepanjang jalan Gempol Raya, Kelurahan Tanjungpura, Kecamatan Karawang Barat. Hampir setiap lahan kosong dijadikan tempat pembuangan sampah liar.

Lahan kosong dengan tumpukan sampah yang berada diantara dua jalan padat lalulintas ini, selain merusak pemandangan juga menimbulkan aroma tidak sedap dari tumpukan sampah yang ada disana. "Saya kesal juga kang, hampir setiap hari saya mesti kerja keras membersihkan sampah disepanjang jalan Gempol dekat rel kereta. Kalau ditanya asal sampah dari kereta juga bisa tapi masa sih sampahnya terlihat masih segar. Makanya saya yakin ini ada yang buang dengan sengaja sambil melintas," tandas Widodo (39) petugas kebersihan Dinas Perumahaan Rakyat Kawasan Permukiman (PRKP) yang diperkejakan di Kelurahan Tanjungpura, Jumat (6/7).

Widodo mengaku kecewa terhadap rendahnya kesadaran masyarakat akan kebersihan. Padahal di dekat tempat tersebut disediakan bak penampung sementara yang peruntukannya untuk sampah. Tetapi kebanyakan sampah malah dijumpai di lahan-lahan kosong seperti di jalanan Gempol raya.
Menyikapi itu Lurah Tanjungpura Suryadi ditemui di kantornya, tidak menyangkal banyak sampah yang dibuang oknum di beberapa titik lahan kosong sepanjang jalan utama Gempol raya, Tanjungpura. Dirinya pun geram dengan ulah tersebut. Bahkan dirinya berkali-kali mengatakan kepada Petugas kebersihan jika kedapatan menemukan orang yang buang sampah agar ditangkap guna mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Saya akan tindak tegas, kalau perlu akan saya laporkan kepada pihak berwajib agar kapok dan tidak ada lagi warga yang buang sampah di lahan tidur sepanjang jalan Gempol. Bikin kesal juga kang. Saya yakin bukan orang sini yang buang sampah karena mereka juga kadang datang ke kantor kelurahan dan mengeluhkan persoalan sampah. Kasihan teman-teman yang setiap hari ngambilin sampah, itu kan kerja mereka jadi bertambah," tukasnya.

Sementara Ajiz (47) warga sekitar menjelaskan warga pun kini ikut juga mengawasi jika ada yang masih buang sampah di jalan tersebut. Koordinasi antar RT dan RW sudah terlaksana dengan baik. Satu tujuan yakni untuk menangkap oknum yang buang sampah sembarang itu. "Warga juga sudah geram mereka bertekad menangkap pembuang sampah liar itu," tandasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template