Lokakarya Mini Bahas Pengadaan Jamban Sehat di Tanjungpura - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Lokakarya Mini Bahas Pengadaan Jamban Sehat di Tanjungpura

Lokakarya Mini Bahas Pengadaan Jamban Sehat di Tanjungpura

Written By Admin Raka on Sabtu, 28 Juli 2018 | 14.15.00

KARAWANG, RAKA - Penggalangan kerja sama lintas sektoral perlu dilakukan untuk memecahkan berbagai persoalan kesehatan. Upaya yang bisa dilakukan diantaranya melalui lokakarya mini yang diselenggarakan per triwulan sekali. Melalui lokakarya ini diharapkan permasalahan yang terjadi di wilayah bersangkutan dapat diindentifikasi secara optimal.   

Lurah Tanjungpura, Suryadi menyampaikan itu kepada Radar Karawang, Jumat (27/7) saat berlangsung lokakarya mini di Aula Kelurahan Tanjungpura, Kecamatan Karawang Barat. Kelurhannya digandeng Puskesmas Tanjungpura menyelenggarakan kegiatan tersebut. "Tujuan dilaksanakannya lokakarya mini ini untuk menginformasikan dan mengidentifikasikan pencapaian hasil kegiatan triwulan sebelumnya, dan membahas serta mencari solusi terhadap masalah tersebut," ucap Suryadi, dia didampingi Kepala Puskesmas Tanjungpura Dr.Endang Suryani.

Selain itu, kegiatan yang juga dihadiri kader PKK dan PSM inipun diarahkan untuk mempersiapkan berbagai program kerja periode Agustus mendatang. Sesuai

pedoman perencanaan tingkat puskesmas, manajemen Puskesmas merupakan rangkaian kegiatan yang bekerja secara sinergik. Meliputi perencanaan, penggerakan pelaksanaan serta pengendalian, pengawasan dan penilaian.

Sementara enerapan manajemennya, sebut Suryadi, dilakukan melalui lokakarya. "Dengan melaksanakan kegiatan lokakarya mini ini dapat mengupayakan masalah masalah yang dihadapai oleh masyarakat kelurahan Tanjung pura dan Kecamatan Karawang Kota, agar dapat teratasi dengan baik dan berjalan sesuai dengan keinginan warga," ucap Suryadi.

Hal senada dikatakan Kepala Puskesmas Tanjungpura Dr Endang Suryani, masalah kesehatan yang sering dihadapi adalah kehamilan, karena itu memberikan tablet tambah darah agar kesehatan ibu hamil terjaga termasuk dalam program yang dibahas dalam lokakarya mini. Selain pemberantasan penyakit melalui imunisasi serta memberi cara pertolongan pertama apabila ada warga yang jatuh karena kecelakaan.

Puskesmas Tanjungpura pun melaksanakan program ketuk pintu apabila ada warga yang membutuhkan penanganan khusus. Contohnya penyakit gula atau diabetes dan menghimbau kepada warga yang belum mempunyai BPJS. "Lokakarya ini pun membahas tentang stop perilaku hidup buang air sembarangan dan menghimbau kepada warga untuk hidup sehat. Salah satunya dengan membuat jamban sehat," ucapnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template