Libatkan Siswa Buat Tata Tertib - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Libatkan Siswa Buat Tata Tertib

Libatkan Siswa Buat Tata Tertib

Written By Admin Raka on Sabtu, 28 Juli 2018 | 15.30.00

KOTABARU, RAKA - Agar terbentuknya kesadaran di kalangan para peserta didik. Sekolah Menengah Atas (SMA) PGRI Cikampek menyusun tata tertib dengan melibatkan para peserta didik.
Wakasek Kesiswaan SMA PGRI Cikampek Ujang Suherman menyampaikan, setiap tahun ajaran baru tata tertib yang ada di sekolah selalu direvisi. Hal ini penting dilakukan agar adanya relevansi aturan dengan kondisi sekolah dan peserta didik. "Tata tertibnya dibuat bareng dengan siswa. tata tertib tahun lalu jadi draf untuk pembahasan," ujar Ujang, kepada Radar Karawang belum lama ini.

Menurutnya, peserta didik yang dilibatkan untuk membantu melakukan revisi tata tertib itu adalah yang tergabung dalam pembantu kedisiplinan siswa (PKDS) yang jumlahnya 6 orang, kemudian ditambah pengurus OSIS dan ditambah perwakilan kelas. "Kalau untuk anggota PKDS itu ditunjuk oleh Wakasek Kesiswaan, tapi kalo ketua OSIS itu harus jadi anggota (PKDS)," ujarnya.

Menurutnya, hasil revisi yang dibahas dengan para peserta didik itu kemudian akan dibahas di internal guru. Setelah itu baru disepakati aturan baru yang menjadi acuan warga sekolah dalam menjalankan aktivitas di sekolah. "Setelah tata tertib ditetapkan, kemudian disosialisasikan ke setiap kelas. Jadi tidak ada siswa yang tidak tahu," trangnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, selain ikut melakukan revisi tata tertib, anggota anggota PKDS juga memiliki tugas dan tanggung jawab lain. Diantaranya melatih petugas upacara dan menyiapkan peserta didik saat upacara yang akan digelar. "Alhamdulillah, semuanya bisa berjalan dengan lancar. Aturan baru pun mulai berlaku untuk satu tahun ke depan," ujarnya.

Selama ini apa yang sudah dilakukan pihak sekolah cukup jitu untuk bisa mengendalikan para peserta didik dalam mengikuti berbagai aktivitas di sekolah. Mulai dari kegiatan belajar mengajar (KBM), sampai kegiatan ekstrakurikuler. Bukan hanya itu, aturan yang ditetapkan juga bisa mencetak peserta didik dalam meraih prestasi. "Dalam tata tertib semuanya diatur, termasuk sanksinya. Maka kami hanya tinggal menjalankan apa yang sudah ditetapkan dan disepakati itu," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template