Libatkan Petani dalam Program BPNT - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Libatkan Petani dalam Program BPNT

Libatkan Petani dalam Program BPNT

Written By Admin Raka on Rabu, 11 Juli 2018 | 16.30.00

RAWAMERTA, RAKA- Pasokan beras dalam program Bantuan Pangan Non Tunia (BPNT) yang dilakukan oleh pihak distributor, membuat petani Karawang angkat bicara. Pasalnya, para petani menginginkan pembelian beras disediakan oleh petani asli Karawang.

Menurut salah seorang tokoh petani Karawang, Saepul Bahri, jika beras BPNT berasal dari petani setempat, maka harga padi yang selama ini dijual murah akibat ulah para calo dan tengkulak, bisa lebih tinggi. Dan dampak baiknya tentu akan dirasakan langsung oleah para petani lokal. "Kita beserta petani lain siap jika harus menyediakan beras langsung dari petani," ucapnya.

Sebelumnya Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Karawang, Sukarya WK menyebutkan, akan lebih baik jika pengadaan beras program BPNT bisa langsung dipasok oleh para petani lokal. Para petani tidak harus dipusingkan dengan harga jual gabah yang murah, maupun akibat permainan tengkulak yang nakal. “Akan lebih baik petani kita bisa diikut sertakan dalam program ini,” ucapnya.

Selain itu, bisa saja dalam pendistribusiannya menggunakan wadah yang sudah ada di tiap-tiap desa, yakni menggunakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Selain para petani tidak akan lagi dipusingkan dengan harga jual yang selalu murah, petani juga akan lebih mudah berkomunikasi dalam menjual hasil panennya. Terlebih BUMDes pun akan ikut berperan dalam kesejahteraan para petani. “Banyak manfaat yang akan dirasakan jika BUMDes dan petani bisa bergabung dalam menjalani program BPNT ini,” pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template