Layanan Gratis Sehari Selesai Masih Terkendala - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Layanan Gratis Sehari Selesai Masih Terkendala

Layanan Gratis Sehari Selesai Masih Terkendala

Written By Admin Raka on Senin, 09 Juli 2018 | 16.30.00

KARAWANG, RAKA - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Yudi Yudiana, tidak menyangkal jumlah pemohon kartu keluarga dan surat keterangan di dinasnya mengalami peningkatan dua kali lipat. Meski tidak merinci jumlahnya namun dia mengatakan hal itu terpengaruh lowongan pekerjaan yang dibuka pabrik-pabrik yang ada di sejumlah kawasan industi. 

"Kartu Keluarga dan Surat Keterangan (Suket) menjadi dokumen kependudukan terlaris yang dimohonkan masyarakat. Hal itu terjadi karena saat ini baik KK maupun suket menjadi dokumen wajib melamar pekerjaan di perusahaan pasca lebaran," ucap Yudi, belum lama ini. Yudi sendiri mengaku baru mengetahui kalau dua dokumen itu menjadi dokumen amat penting saat ini selain Kartu Tanda Penduduk.

Yudi menambahkan bagi masyarakat Karawang yang membutuhkan dokumen kependudukannya selesai dengan cepat, maka diharuskan sebut Yudi dalam melakukan permohonan untuk dilakukan secara pribadi tidak melalui perantara. "Cukup datang sendiri membawa berkas yang dibutuhkan, sehari juga dokumen itu akan jadi asal persyaratannya telah lengkap," paparnya.

Sementara itu, disinggung mengenai peran aktif pemerintah guna memuluskan program layanan gratis dokumentasi kependudukan satu hari selesai tidak akan terkendala,  Kepala Bidang Pencatatan Sipil Disdukcapil Nining Ratnaningsih, mengatakan jika berkas-berkas yang dibutuhkan untuk proses pengurusan diajukan ke bagian pelayanan kependudukan sudah dalam keadaan lengkap.

Selama ini, masyarakat pemohon dokumen kependudukan harus bolak-balik bisa lebih dua kali karena persyaratan permohohannya belum lengkap. Padahal, semestinya itu tidak terjadi jika pihak desa ikut memberi pengarahan, paling tidak membantu mengarahkan kelengkapan berkas-berkas pemohon sebelum diajukan ke Disdukcatpil. "Instruksi layanan gratis ini memang sudah ada aturannya, dan memang mewajiban semua pelayanan dilakukan gratis," ucapnya.

Hanya saja, patut disayangkan, masyarakat pun masih banyaknya yang enggan mengurus dokumen kependudukan sendiri, sehingga membuat dinas kesulitan melaksanakan pelayanan satu hari selesai yang diluncurkan pemerintah. "Masyarakat lebih suka menggunakan jasa orang lain mengurus dokumen kependudukannya. Sehingga, karena itu juga kita jadi sulit melaksana instruksi gratis pelayanan gratis satu hari selesai," ujarnya. (ari)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template