Kotor tak Jadi Soal, Yang Penting Lingkungan Bersih - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kotor tak Jadi Soal, Yang Penting Lingkungan Bersih

Kotor tak Jadi Soal, Yang Penting Lingkungan Bersih

Written By Admin Raka on Senin, 16 Juli 2018 | 18.00.00

KARAWANG, RAKA - Sehari-hari, memang mahasiswa selalu terlihat bersih, belajar di ruangan ber-AC, dan hanya memainkan gadget ataupun pensil serta buku. Tapi, ketika terjun ke masyarakat, mahasiswa tak canggung untuk berkotor-kotor ria membersihkan lingkungan. Seperti yang terlihat dari kegiatan mahasiswa Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang.

Kedatangan para mahasiswa UBP Karawang yang tengah menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik ke Desa Karangmulya, Kecamatan Telukjambe Barat, membawa perubahan ke arah positif. Jumat (13/7), para mahasiswa terjun langsung ke lapangan dengan membersihkan saluran air dan memotong rumput liar di sekitar lokasi KKN.

"Setiap hari Jum'at, kami selalu mengadakan Jum'at bersih (Jumsih), membersihkan saluran  air agar tidak termbat dan memotong rumput liar yang menghalangi saluran air," ucap Yusup Suprianto, Koordinator KKN UBP Karawang.

Ia menjelaskan, hal itu bertujuan untuk memberikan contoh kepada warga yang ada wilayah tersebut. Untuk dapat menjaga lingkungannya dengan baik, agar bisa mencegah kebanjiran dan tidak mudah terserang penyakit, sehingga dapat merasakan hidup nyaman. "Agar bisa meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menjaga lingkungan hidup yang bersih, sehingga dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan," jelasnya.

Mahasiswa semester 7 Prodi Ilmu Hukum UBP Karawang ini menambahkan, sebanyak 31 mahasiswa yang mengikuti KKN di Desa Karangmulya tengah membuat konsep untuk memabawa perubahan yang lebih baik lagi dalam memajukan wilayah tersebut. "Bukan hanya jumsih saja. Kami juga akan menagadakan penanaman pohon, memberikan edukasi kepada masyarakat, dan lain-lain. Karena hal ini sudah sudah rumuskan oleh para teman-teman kkn," tuturnya.

Yusup berpesan, jika para mahasiswa sudah menyelasaikan KKN selama satu bulan di desa tersebut. Pastinya akan kembali ke kampuas untuk meningkatkan kualitas dirinya masing-masing. Dengan demikian, maka para masyarakat harus sadar akan pemtingnya lingkungan bersih serta jangan saling mengandalakan, karena bergotong royong itu indah. "Para masyarak harus kompak dan solid dalam melakukan perubahan," pesannya.

Sementara itu, peserta KKN lainnya, Raden Indianti Ukhailin, mahasiswa semester 7 Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial Prodi Manajemen UBP Karawang berharap, dengan kegiatan KKN di Desa Karangmulya dapat membantu dalam meningkatkan perekonomian serta dapat memanfaatkan sumber daya yang ada, sehingga bisa menjadi ketertarikan dan khas di desa tersebut. "Semoga desa ini bisa maju lagi," harapnya. (acu)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template