Kinerja Semua SKPD di Karawang Tidak Memuaskan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kinerja Semua SKPD di Karawang Tidak Memuaskan

Kinerja Semua SKPD di Karawang Tidak Memuaskan

Written By Admin Raka on Selasa, 31 Juli 2018 | 16.30.00

KARAWANG, RAKA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) masih menilai laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (LAKIP) Kabupaten Karawang dengan nilai CC. Nilai itu berlaku untuk semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Untuk itu akan evaluasi Agustus-September mendatang guna meningkatkan kinerja SKPD.

Asisten Daerah 1 Pemerintah Kabupaten Karawang Samsuri menyatakan itu kepada Radar Karawang, Senin (30/7). "LAKIP akan kita perketat lagi, rencana kerja yang dibuat SKPD nanti akan ada bimbingan teknis sehingga nantinya tahu bagaimana menyusun LAKIP yang baik, bagus, benar. Sehingga keinginan bupati untuk bisa meraih poin B tahun ini bisa tercapai. Sekarang nilainya CC," ujarnya.

Kata Samsuri, dalam LAKIP Karawang saat ini ada sesuatu yang dinilainya janggal. "Logikanya kita dari aspek keuangan sudah dinyatakan wajar tanpa pengecualian kriteria tertinggi dalam keuangan. Logikanya kalau keuangan dikelola secara benar mestinya nilainya juga bagus. Mestinya akuntabilitasnya juga kinerjanya berbanding lurus, artinya minimal nilai kita B," katanya.

Masih dikatakan Samsuri, jika pengelolaan sudah bagus itu artinya pemerintah tinggal mencari benang merah dari mana penilaian LAKIP Karawang itu CC. "Kita akan minta Menpas RB menjelaskan, kenapa dari segei keuangan kita yang dinilai BPK sudah dinilai wajar tanpa pengecualian, tapi LAKIP kita masih CC. Pandangan saya pasti ada faktor yang belum nyambung," ucapnya.

Dijelaskan Samsuri lagi, jika penilai LAKIP bukan hanya dilakukan dari satu bidang keuangan akan tetapi semua yang mencakup masalah penyelenggaraan pemerintahan di Karawang. "LAKIP itu dinilai dari seluruh SKPD, yang digabungkan menjadi satu penilaian kabupaten oleh Menpan RB. Jadi nilai kabupaten ada SKPD yang bagus hanya 10 dan ada 20 nya jelek berarti tidak ada kontribusi terhadap nilai kabupaten. Kami mengharapkan tahun yang akan datang semuanya bagus, evaluasi LAKIP kita lakukan pada Agustus atau september," terangnya.(apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template