Keren, Perusahaan Swasta Ini Bantu Puskesmas - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Keren, Perusahaan Swasta Ini Bantu Puskesmas

Keren, Perusahaan Swasta Ini Bantu Puskesmas

Written By Admin Raka on Senin, 16 Juli 2018 | 15.45.00

PURWASARI, RAKA - Masih banyak pembangunan yang belum selesai di Kabupiaten Karawang. Alangkah indahnya jika pemerintah dengan swasta memiliki visi yang sama untuk membangun Karawang.

Sudah ada beberapa contoh pembangunan  di Karawang dilakukan pihak swasta. Mulai dari taman I Love Karawang sampai beberapa infrastruktur jalan. Di Purwasari sendiri, beberapa perusahaan swasta ikut membantu melengkapi sarana dan prasarana kesehatan.

Karena harus diakui, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Karawang tidak bisa mengcover semua kebutuhan pembangunan di Karawang.

Kepala Puskesmas Purwasari, Iin Indriati menyampaikan, ada beberapa perusahaan yang turut membantu melengkapi kebutuhan Puskesmas. Hal itu menunjukan adanya sinergitas antara Puskesmas dengan perusahaan swasta. "Waktu arus mudik kemarin, PT Asahimas menyumbangkan tenda untuk posko kesehatan dan PT Dean Shoes menyumbang AC Portable," ujarnya.

Dia mengaku senang dengan apa yang dilakukan oleh perusahaan swasta. Hal itu bisa menjadi inspirasi bagi perusahaan lain untuk bisa turut serta memberikan kontribusi untuk Kabupaten Karawang. "Ini contoh yang baik, harus diikuti oleh perusahaan lain," ujarnya.

Karena, tambahnya, kalau semua perusahaan swasta yang ada di Karawang bisa terkomunikasikan dengan baik dan bisa disinkronkan dengan program pemerintah. Maka perkembangan Karawang akan lebih cepat. "Yang tidak tercover sama APBD bisa sama swasta," tambahnya.

Menurutnya, agar tidak disalah gunakan, maka bantuan dari pihak swasta jangan berbentuk uang. Melainkan barang atau material yang langsung digunakan untuk pembangunan. Bahkan jika ada perusahaan yang memberikan bantuan berupa uang seharusnya ditolak saja. "Tadinya kami juga mau dikasih bantuan uang. Tapi saya tolak, saya sodorkan berkas spesifikasi tenda yang dibutuhkan," ujarnya.

Sementara Kepala Desa Purwasari Asep Saepulloh, juga mengakui bahwa ada beberapa perusahaan di Purwasari yang cukup peduli kepada lingkungan. Tapi masih banyak perusahaan yang masih masa bodo dengan kondisi lingkungan. "Ada beberapa perusahaan yang suka melakukan santunan atau memberikan bantuan kayak PT Asahimas yah," ujarnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, selama ini perusahaan yang peduli terhadap lingkungan itu hanya sebatas inisiatif pihak perusahaan sendiri. Oleh karenanya, pemerintah daerah seharusnya turun tangan untuk lebih serius menyatukan pandangan dengan pihak swasta terkait pembangunan di Karawang. "Apalagi kalau terkomunikasikan dengan baik. Itu akan lebih bagus lagi," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template