Keputusan Bupati Lindungi CFD - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Keputusan Bupati Lindungi CFD

Keputusan Bupati Lindungi CFD

Written By Admin Raka on Senin, 09 Juli 2018 | 16.45.00

Pelaksanaan Car Free Day Belum Aman 

KARAWANG, RAKA - Pernyataan Kepala Dinas Perhubungan Arief Bijaksana Maryugo yang akan melaklukan teknis dilapangan dengan instansi terkait tentang perlu adanya pengaturan untuk Car Free Day (CFD) ternyata bukan omong kosong. Demikianpun Kasatlantas Polres Karawang AKP Arman Sahti yang akan akan memperingati warga dan mengawal kendaraan ketika sudah diperbolehkan melintas juga terbukti.

Kemarin (8/7) pagi sejumlah polisi berkendaraan motor mengawal pengendara yang melintasi Jalan Ahmad Yani setelah memberitahukan kepada masyarakat waktu Car Free Day sudah usai, setelah sebelumnya petugas dinas perhubungan melakukan buka tutup jalur kendaraan bermotor. Cuma saja, hal itu belum lengkap tanpa adanya payung hukum yang bisa menjamin keselamatan warga pemanfaat car free day.

Untuk itu, anggota Komisi A DPRD Karawang Indriyani ST dengan tegas mengatakan perlunya Keputusan Bupati Karawang yang dapat dijadikan payung hukum car free day. "Kalau pandangan aku sebagai warga Karawang tidak perlu Perda tetapi cukup Keputusan Bupati. Sehingga pelaksanaan car free day di Jalan Ahmad Yani untuk memfasilitasi masyarakat diakhir pekan dapat berlangsung aman dan nyaman," terang Indri sapaan akrap anggota Komisi A ini. 

Sementara menyinggung akan lebih kuat jika yang menjadi produk hukumnya adalah Perda, Indri hanya keberadaan peraturan daerah akan lebih ideal jika diposisikan lebih kepada sisi teknisnya. "Perda cukup mengatur penataan zonasi tata ruang wilayah," sebut Indri .

Dikatakan Indri, dia sendiri mengikuti berita tentang anak sekolah dasar yang nyaris ditabrak pengendara motor saat car free day. Hal itu, jelas Indri, memperlihatkan besarnya animo masyarakat terhadap program pemerintah itu. Untuk itu Pemda pun mestinya sudah bisa mengoptimalkan car free day sebagai momentum menghidupkan sektor ekonomi masyarakat. "CFD itu bisa dijadikan ajang promosi Usaha Kecil Menengah (UKM) di Karawang, pemda bisa juga menunjukan karya budaya lokalnya," katanya.

Disinggung car free day yang juga diberlakukan daerah-daerah lain, Indri menandaskan di Karawang ini lebih singkat ketimbang daerah-daerah lain yang memberlakukannya lebih panjang waktunya. "Kalau di luar Karawang itu minimal jam 10 baru dibuka. Jakarta misalnya jam 12 siang, tetapi kenapa Karawang cuma sampai 07.30 Wib," ucap Indri yang ketika itupun berbaur bersama masyarakat ikut menikmati car free day.

"Idealnya CFD itu dimulai dari 05.30 Wib dan berakhir pada 10.00 Wib. Pemda bisa memberikan pelayanan menarik seperti BPJS, Jasa Raharja, Finance dan bisa juga memberikan hiburan kepada masyarakat. Buatlah seperti di Dago Bandung, saya yakin bupati pernah kesana," katanya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template