Kembangkan Bakat Siswa Lewat Ekstrakurikuler - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kembangkan Bakat Siswa Lewat Ekstrakurikuler

Kembangkan Bakat Siswa Lewat Ekstrakurikuler

Written By Admin Raka on Sabtu, 28 Juli 2018 | 14.30.00

PANGKALAN, RAKA - Pendidikan karakter bisa didapatkan dengan cara mengikuti berbagai kegiatan positif di sekolah. Diantaranya melalui kegiatan ekstrakurikuler. Selain nilai-nilai positif, siswa juga dapat mengembangkan bakatnya dalam kegiatan tersebut. 

Seperti yang dilakukan siswa SMK IPTEK Sanggabuana Pangkalan. Pihak sekolah menawarkan sejumlah kegiatan ekstrakurikuler sehingga para siswa bisa memilih sesuai potensi, bakat dan minatnya. Sementara orangtua dan guru diharapkan bisa menyesuaikan keinginan siswa untuk memilih kegiatan ekstrakurikuler sesuai bakat masing- masing anak.

"Melalui kegiatan ekstra kurikuler, maka siswa akan terlatih untuk bergaul, bersosialisasi dan beradaptasi dengan teman-teman sekelas dan temen-teman yang tidak sekelas," ucap kepala sekolah SMK IPTEK Sanggabuana, Obay sopandi. Spd. Mpd.

Pelajar juga dilatih bagaimana menjalani kehidupan bermasyarakat sesungguhnya. Kalau pendidikan akademis, terang Obay, hanya melatih ingatan, sementara kegiatan ekstra kurikuler itu melatih otak kanan atau pembiasaan perilaku positif dan karakter unggul. Ditambahkan Obay, bagi pelajar yang ingin mengembangkan lebih lanjut kegiatan ekstra kurikuler, maka bisa berlatih di sanggar seni di luar sekolah atau kah di club, lembaga atau tempat-tempat pelatihan kegiatan ekstrakurikuler lainnya.

Obay menekankan waktu atau porsi kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, waktu belajar dan waktu istrirahat harus cukup. Jangan sampai waktu anak itu tersita pada kegiatan ekstra sehingga lupa belajar. Menurutnya, kegiatan ekstrakurikuler di sekolah nantinya bisa dikembangkan ke jenjang lebih tinggi, yakni berbagai lomba mulai tingkat kecamatan, tingkat kota, tingkat provinsi hingga tingkat nasional.

"Seperti lomba seni siswa nasional itu juga lomba ekstra yang berjenjang dari tingkat kecamatan sampai nasional. Kita mengingatkan agar kegiatan eksrakurikuler di sekolah itu mempertimbakan aspek kearifan lokal dan perkembangan zaman tanpa melepaskan nuansa wilayah selatan sebagai kota reiligius," katanya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template